Mengenal Jenis-Jenis Sepeda Ontel

Mengenal Jenis-Jenis Sepeda Ontel

Bicara mengenai sepeda pasti tidak akan habias dari mas kemasa. Salah satunya yaitu sepeda ontel atau sepeda kebo, dan juga sering disebut sepeda unta ini meruapakan sepeda klasik yang sekarang lagi ramai dibicarakan oleh para kolektor barang antik. Dari sejarahnya sepeda yang mempunyai ukuran ban28 inchi ini menjadi salah satu transportasi andalan bagi masyarakat perkotaan pada tahun 970-an.

Dengan berbagai merk yang pernah menjadi primadona dimasanya antara lain yaitu, simplex, burger, fongers, gazelle, humber, batavus dan masih banyak lagi. Dengan desain yang klasik dengan sentuhan yang masih terjaga, serta bahan frame yang sangat kuat menjadikan sepeda ontel ini sekarang menjadi primadona bagi peminat barang antik untuk dijadikan alat transportasi dan juga menjadi  koleksi yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Mengenal Jenis-Jenis Sepeda Ontel

Dengan berkembangnya jaman sepeda ontel yang dulu jadul pun kini sudah dimodifikasi tapi tetap mempertahankan keasliannya. Yaitu denga menambahkan berbagai asesoris seperti bel dengan berbagai bunyi, dan lampu dengan banyak warna yang membuat menjaadi meriah saat digunakan.

Nah, untuk sepeda ontel ini dibagi menjadi beberapa jenis, dengan kegunaan yang berbeda-beda, serta jenis yang unik dan klasik. Untuk anda yang mau mengoleksi sepeda ini, untuk lebih baiknya silahkan kenali dulu jenis yang akan kami ulas dibawah ini, agar tidak salah pilih dan cocok waktu digunakan:

  • Ontel Burger, sepeda inimerupakan sepeda pertama yang diproduksi di belanda, dengan cirri khusus yaitu mempunyai belahan di tengah spatboardnya. Dengan bentuk setang yang melebar yang mirip dengan burung yang sedang terbang, dan terdapat merk dibagian tengah dengan tlisan burger ENR. Sepeda ini dibuat pada tahun 1950-1955.
  • Ontel Heren, ciri khas dari sepedayang satu ini yaitu memiliki palang sepeda yang biasa, sepeda ontel ini terbilang tinggi karena dibatasi plang yang lurus. Untuk sepeda ini sudah menggunakan lampu untuk alat pencahaan untuk dikendarai dimalam hari.
  • Ontel Magnet, jenis sepeda ini berasal dari swiss, dan keunikan dari jenis sepda ini yaitu memiliki bracket yang ada keni dibawahnya, dengan bracket magnet yang berbentuk tutupan polos. Pada jaman dulu sepeda ini jarang dimiliki oleh masyarakat pada umumnya, karena sepeda ini digunakan untuk m engankut cargo.
  • Ontel Dames, sepeda dames mempunyai arti wanita juga dikenal dengan sebutan sepeda onta atau angsa. Disebut sepeda wanita, yaitu sepeda ini tidak memiliki palang dan juga tidak terlalu tinggi sehingga sepeda ini banyak digunakan dan cocok untuk para wanita.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Dengan anda membaca ulasan mengenai beberapa jenis sepada ontel diatas, kami harap dapat membantu anda dalam memilih alat transportasi klasik, yang menjadikan hidup anda lebih sehat dengan cara bersepeda. Selamat bersepeda dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *