Lakukan Tips Berikut untuk Merawat Sepeda Antik Anda

Lakukan Tips Berikut untuk Merawat Sepeda Antik Anda

Dewasa ini barang-barang kuno atau antik banyak sekali diburu oleh para kolektor. Nilai sejarah dan kelangkaan barang tersebut di pasaran membuat nilai jualnya juga ikut tinggi. Namun hal ini tidak menjadi masalah bagi para kolektor karena adanya kepuasan tersendiri saat mendapatkannya. Salah satu barang antik yang sangat dicari-cari untuk dikoleksi adalah sepeda antik atau sepeda kuno. Sepeda yang satu ini memang terlihat jadul atau kuno dari segi tampilan. Namun nilai history serta usianya yang terbilang tua membuatnya memiliki nilai lebih untuk didapatkan.

 Sebagai salah satu barang antik, sepeda kuno memiliki perawatan yang jauh berbeda dengan jenis sepeda modern masa kini. Anda harus memperhatikan dengan detail perawatannya agar sepeda bisa digunakan dengan lancar dan tetap awet hingga jangka waktu yang lama. Selain itu umur sepeda yang lebih tua termasuk komponen-komponennya yang sudah jarang dijual pasaran membuat pemilik sepeda kuno harus memperhatikan perawatannya dengan baik agar tidak cepat rusak.

 Lakukan Tips Berikut untuk Merawat Sepeda Antik Anda

Untuk itu berikut ini ada beberapa tips perawatan untuk Anda yang memiliki sepeda antik di rumah.

  • Mengoleskan pelumas dengan teratur.

Umumnya sepeda kuno atau antik memiliki frame yang terbuat dari bahan besi yang kuat. Untuk mencegah terjadinya korosi, Anda harus rajin mengoleskan pelumas ke permukaan sepeda dengan teratur. Bagian-bagian penting yang perlu untuk Anda perhatikan, yaitu bagian rantai, jeruji, gear, rangka, dlsb. Bagian-bagian komponen tersebut jika dibiarkan saja hingga berkarat akan membuat komponen menjadi macet, kering, bahkan rusak. Jika cukup susah untuk mendapatkan pelumas khusus sepeda, Anda bisa menggunakan pelumas dari sepeda motor.

  • Rutin memeriksa kondisi rem sepeda.

Rem merupakan bagian terpenting pada sepeda, karena sangat berperan untuk menghentikan gerak laju sepeda saat digunakan. Rem yang tidak dirawat akan kehilangan daya gunanya. Rem yang rusak tentu akan membahayakan pengendara sepedanya. Untuk itu perhatikan dan cek secara rutin kondisi rem sepeda kuno Anda. Jika saat pengecekan rem mengalami kerusakan, maka perbaiki dengan segera. Untuk kerusakan parah, Anda bisa mengganti rem sepeda dengan yang baru. Mengingat rem untuk sepeda jenis ini sudah cukup langka di cari di pasaran, maka menggantinya dengan rem baru bermodel lawas bisa menjadi alternatif untuk mempertahankan kesan antiknya.

  • Hindari mengelupas karat secara sembarangan.

Jika menemukan permukaan sepeda terdapat karat, jangan pernah untuk mengelupasnya secara sembarangan. Sepeda yang dikupas akan mengurangi ketebalan sepeda sehingga semakin keropos ataupun tipis. Cara terbaik untuk menghilangkan karat sepeda adalah dengan menggosok karat tersebut dengan amplas halus untuk kemudian memgolesnya dengan semir atau cat secara tipis pada bagian yang telah selesai di amplas tadi.

Baca juga Tips Merawat Sepeda Vintage Anda dengan Tepat

  • Mencuci sepeda dengan benar.

Gunakan air bertekanan sedang saat mencucinya. Pergunakan shampo sepeda motor berbahan dasar lembut untuk menjaga kebersihannya. Untuk tempat-tempat yang sulit terjangkau, pergunakan sikat gigi bekas untuk mempermudahnya.

  • Memoles sepeda menggunakan zat pelapis khusus.

Untuk melindungi sepeda antik Anda dari polusi, debu, maupun sengatan sinar matahari, pergunakan zat pelapis khusus agar sepeda tetap awet dan tampilan tetap berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *