Metode Memperbaiki Rem sepeda Secara Mudah

Metode Memperbaiki Rem sepeda Secara Mudah

Pada ulasan kali ini kami akan membantu anda untuk mengulas beberapa kasus rem sepeda yang sering mengganggu aktivitas bersepeda anda dan memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki yang bisa dengan mudah anda ikuti.

Adapun beberapa metode yang bisa anda gunakan seperti berikut ini :

Memeriksa kaliper

  • Hal mendasar yang harus kita lakukan adalah memeriksa kampas rem sepeda, kampas tersebut terletak di antara ban sepeda dan penjepit yang berupa karet kampas, anda bisa mencoba mengeceknya dengan mengerem, jika kampas anda sudah sudah menipis maka daya cengkram karet kampas akan menurun dan anda harus menggantinya.
  • Pastikan kabel gagang rem dan kabel sepeda anda bergerak, karena kemungkinan jika kabel tersangkut maka rem tidak akan berfungsi.
  • Gerakkan gagang rem dan coba anda amati kaliper yang terbuka dan menutup, apabila gagng tersebut bergerak namun kaliper tidak bergerak maka kemungkinan besar kabelnya sudah rusak.
  • Selain itu anda perlu memastikan bahwa kaliper kedua sisi penjepit roda  berfungsi, jika salah satu sisi atau keduanya rusak maka anda harus melonggarkan bautnya dan memberi sedikit pelumas agar mekanisme kaliper semakin efektif.

Metode Memperbaiki Rem sepeda Secara Mudah

Mengganti kampas

  • Pada umumnya toko sepeda akan  menyediakan berbagai jenis kampas rem sepeda, pada toko sepeda tertentu
  • Mekanik mereka juga bersedia menggantikan kampas rem yang baru jika anda membeli sepeda dari toko tersebut.
  • Pada umumnya untuk mengganti kampas rem sepeda  anda harus melepas cincin dan mur dari kampasnya baru melepas kampasnya dari lengan kaliper, hal pertama yang harus anda lakukan yaitu melepaskan mur pada bagian tengah atas kaliper lalu menggesernya keluar rakitan dan menggantinya tanpa harus membongkar rakitan, hal ini bertujuan untuk menahan semua cincin yang mengatur jarak dan lengan kaliper agar tepat berada pada posisinya saat dilakukan penggantian mur.
  • Setelah pemasangan kampas rem sepeda selesai pastikan tinggi kampas rem sejajar dengan baguan tengah pelek logam roda, karena jika pemasangan kampas rem terlalu rendah akan sangat berbahaya ketika kampas bergeser dari pelek.

Rutin menyervis kabel rem.

  • Melumasi pivot kaliper dan memeriksa pengaturan rem kabel, anda bisa menggunakan minyak pelumas WD-40 atau pelumas sejenis ke dalam rumahan kabel pada gelang pipa di bawah gagang rem.
  • Lepaslah kabel dari selubungnya jika kabel dalam keadaan benar – benar kaku atau tidak berfungsi dengan baik, hal ini bertujuan agar kabel tidak kendur jika terlalu sering dilepas.
  • Ikatlah kabel dengan penjepit pada ujung yang anda lepas dan periksalah jarak gagang  rem sepeda  yang bisa diremas sebelum menyentuh roda, anda bisa mengencangkan penjepitnya jika kampasnya berjarak kira –kira 0,6 cm dari roda.

Demikian ulasan dari kami, semoga dapat memberi manfaat.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *