Cara Merawat Rantai Sepeda Dengan Baik Dan Benar

Cara Merawat Rantai Sepeda Dengan Baik Dan Benar

Bersepeda merupakan hal sangat menyenagkan, disamping menyingkat waktu karena kemacetan juga membuat badan kita sehat. Tapi banyak orang yang tidak mau tahu tentang perawatan sepeda, yang harus kita ketahui. Dengan seringnya kita menggunkan sepeda, maka kita juga harus tahu tentang perawatan, terutama pngereman, tekanan ban dan juga rantai sepeda yang biasa kita gunakan setiap hari.

Untuk anda yang hobi bersepeda, malakukan perwatan sepeda menjadi hal wajib yang harus anda ketahui atau lakukan dengan rutin. Hal ini agar bertujuan untuk menjaga sepeda anda nyaman saat digunakan. Tidak hanya mencuci sepeda secara rutin, namun beberapa kompunen dari sepeda tersebut memerlukan perawatan khusus, salah satunya adalah sistem penggerak atau rantai. Hal ini dikarenakan rantai sepeda merupakan kompunen utama dalam sistem penggerak, dengan anda melakukan perawatan khusus membuat sepeda anda tetap memberikan performa yang optimal saat digunakan.

Cara Merawat Rantai Sepeda Dengan Baik Dan Benar

Untuk itu kami akan memberikan tips atau cara merawat rantai sepeda dengan baik dan benar untuk sepeda kesayangan anda. Nah, tipsnya antar laian:

  • Bersihkan rantai dengan air. Tahap utama yang anda lakukan setelah menggunakan sepeda, apalagi di area berlumpur yaitu membersihkan rantai dengan air. Dengan cara menyemprotkan menggunkan selang dengan tekanan rendah. Hindarai menggunkan tekanan air yang tinggi karena bias merusak kompunen rantai lainnya.
  • Gosok rantai dengan menggunkan sikat baju. Biasanya ada bekas yang membandel atau sisa lumpur yang  mengering yang susah dibersihkan dengan hanya menggunakan air, untuk itu anda harus menggunakan sikat agar kotoran yang membandel dapat hilang. Hindari penggunaan sabun yang memeiliki kandungan konsentrasi tinggi, Karena dapat cepat merusak dan juga dapat menghilangkan minyak pelumas yang terdapat di rantai.
  • Bersihakn kompunen rantai lain. Setelah rantai sepeda bersih dari lumpur dan debu, dan jangan lupa untuk membersihkan bagian lain seperti pulley, sprocket dan gigi depan. Cara membersikan sama dengan membersihakn rantai, yaitu dengan menyikat  menggunakan sabut.
  • Keringkan rantai. Langkah berikut setelah rantai beserta kompunen lainnya sudah bersih jangan lupa untuk mengeringakn rantai terlebih dahulu dengan menggunakan lap kering sebelum diberi pelumas.
  • Oleskan pelumas rantai. Untuk tahapan yang terakhir yaitu memberikan pelumas pada rantai. Pastikan rantai sudah benar-benar dalam kondisi kering. Hal ini bertujuan agar rantai tidak berbunyi saat digunakan dan tahan lama dalam pemakaian.

Baca  dan simak juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Tips diatas merupakan cara untuk membersihkan rantai sepeda kesayangan anda agar awet dalam kegunaan juga nyaman dalam pemakaian. Semoga bermanfaat, dengan begitu anda tetap menjadikan sepeda salah satu cara untuk menyehatan diri. Dan untuk Indonesia kedepannya agar menjadi lebih sehat dan nyaman. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *