Tips Mudah Membimbing Anak Belajar Sepeda

Tips Mudah Membimbing Anak Belajar Sepeda

Bersepeda merupakan hal yang wajib dilakukan saat usia muda. Mulai dari usia 2 atau 3 tahun, kebanyakan anak kecil akan diajari bersepeda, dengan sepeda khusus balita. Ketika memasuki usia 5 tahun seorang anak mulai tertarik belajar sepeda roda. Bersepeda merupakan salah satu tingkat perkembangan anak secara motoric, yakni dengan merespon dan mengendalikan sepeda. Perkembangan ini tentunya menjadi hal yang harus didukung. Semangat untuk belajar hakikatnya tidak dimiliki setiap anak. Ada beberapa anak yang antusias, namun juga ada yang lebih sesuka pergi bermain dengan temannya. Untuk itu, peran orang tua sangat besar di sini. Berikut beberapa tipsnya:

Tips Mudah Membimbing Anak Belajar Sepeda

Timbulkan rasa senang pada kegiatan bersepeda

Pada saat usia 3 atau 4 tahun mulailah mengajaknya melihat pertunjukan lomba balap sepeda, atau bisa dengan sekedar melihat beberapa anak yang bersepeda melewati depan rumah. Dari melihat, seorang anak akan tumbuh rasa ingin memiliki sepeda. Jika hal ini sudah terjadi makan tekadnya belajar sudah tumbuh. Sebagai orang tua Anda bisa membelikan sepeda roda tiga untuk belajar awal.

Motivasilah untuk terus belajar

Proses belajar sepeda ini tidak bisa dibilang mudah karena tingkat tangkap motoric anak berbeda-beda. Anak mungkin akan merasa trauma saat jatuh pertama kalinya dari sepeda dan memutuskan untuk tidak belajar lagi. Menangis dan menjadi tidak suka dengan sepeda. Dalam hal ini Anda bisa meng-imingi dengan kata-kata bahwa dia pasti bisa.

Ajari secara langsung dengan sabar

Seorang anak tidak bisa hanya diajari sekali untuk langsung bisa. Sebagai orang tua, ajari anak dengan telaten serta sabar. Jangan lupa untuk tetap ceria agar anak ikut bersemangat.

Mengajari beberapa teknik belajar bersepeda

Saat Anda menemani anak belajar sepeda, Anda bisa menanamkan beberapa teknik agar sang anak bisa lebih cepat menguasai. Diantaranya Anda dapat memberikan tips di bawah:

  • Posisi badan siap dan tepat di atas sepeda
  • Ajarkan anak untuk menginjakkan kaki kiri ┬ádi aspal, sedang kaki kanan bersiap di pedal untuk mengayuh
  • Saat memulai mengayuh ajarkan agar menekan kaki ke tanah untuk mendorong badan maju sedang kaki kanan mulai mengayuh
  • Ulangi tips di atas sampai beberapa kali agar anak mengingatnya setiap mulai mengayuh
  • Setelah beberapa waktu anak sudah mahir bersepeda dengan roda tiga, copotlah roda penyangganya
  • Sebaiknya gunakan sepeda sesuai dengan tingginya, jangan terlalu pendek maupun terlalu tinggi
  • Ajarkan cara mengerem yang benar
  • Ajak untuk latihan di tempat yang luas, seperti di lapangan
  • Pakaikan perangkat pengaman, seperti helm.

Baca juga: Membuat Sepeda Anak yang Nyaman dan Aman Ketika Proses Belajar

Setelah Anda mengetahui beberapa tips di atas, kini Anda bisa mengajari anak Anda bersepeda dengan mudah. Mengingat kecepatan anak menguasai bidang ini cukup relative, maka kesabaran adalah hal yang diutamakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *