5 Langkah Mudah Belajar Sepeda Agar Lekas Bisa

5 Langkah Mudah Belajar Sepeda Agar Lekas Bisa

Rata-rata para orang tua mengajari anak-anak mereka naik sepeda saat masih kecil. Hal tersebut untuk melatih keseimbangan tubuh anak sejak dini. Bahkan kemampuan menaiki sepeda juga bermanfaat hingga sang anak dewasa sebagai alat transportasi dan media melakukan olahraga. ┬áMeskipun begitu, ada beberapa orang yang masa kecilnya belum sempat belajar menaiki sepeda. Jika Anda salah satunya, atau Anda sudah bisa naik sepeda namun ingin melatih buah hati, berikut disajikan langkah-langkah mudah belajar sepeda agar cepat bisa yang sudah dapat diterapkan pada anak usia 3 – 4 tahun.

5 Langkah Mudah Belajar Sepeda Agar Lekas Bisa

Mencari tempat yang aman untuk bersepeda

Umumnya seseorang menggunakan lapangan saat belajar sepeda. Selain tanahnya rata dan luas, terdapat rerumputan yang dapat meringankan rasa sakit ketika terjatuh. Sebenarnya dengan teknik pengereman yang benar dan penyetelan sadel atau tempat duduk sepeda yang tepat dapat meminimalisir kemungkinan terjatuh.

Anda dapat memilih tempat lain selain lapangan asalkan tempat tersebut luas dan berpermukaan rata. Jangan sesekali belajar sepeda di jalan raya karena banyak kendaraan yang lalu lalang. Selain dapat mengganggu pengendara lain juga membahayakan keselamatan Anda. Jangan lupa mengamankan benda sekitar yang tidak perlu dan berbahaya.

Pastikan Anda mengetahui cara menaiki sepeda yang aman

Atur posisi sadel sesuai dengan panjang kaki untuk dapat menjangkau tanah saat duduk di atasnya. Gunakan kedua tangan pada stang tidak hanya untuk “menyetir” tetapi juga untuk menyeimbangkan sepeda.

Pastikan Anda mengetahui bagaimana cara mengerem

Antisipasi menabrak benda yang ada didepan Anda dengan rem. Untuk itu, sebelumnya periksalah dan ingat-ingat rem mana yang merupakan rem untuk ban belakang dan mana untuk ban depan. Sebenarnya hal ini dapat disiasati dengan mengerem keduanya. Selain itu, mengerem salah satu juga dapat mempengaruhi kecepatan tinggi sepeda sehingga berputar dan mengakibatkan pengendaranya terlempar ke udara. Setelah menggunakan kedua rem secara perlahan, Anda dapat menjejakkan salah satu kaki ditanah dengan kaki lain yang tetap bersiap dipedal.

Mulai kayuh pedal sepada dan latih keseimbangan saat di atas sepeda

Saat mengayuh pedal untuk pertama kalinya akan lebih mudah jika di pegangi. Ketika telah berada diatas sepeda, dorong tubuh Anda kedepan dengan posisi kaki tetap berada di atas tanah sehingga Anda mendapatkan gambaran bagaimana mengemudikannya. Berikutnya sesekali kayuhlah pedal, bila keseimbangan masih belum terkendali, maka turunkan kaki di atas tanah. Lakukan langkah ini hingga Anda merasa yakin untuk mulai mengendarai sepeda.

Ingat Keselamatan Bersepeda

Mengendarai alat transportasi apapun tetap harus menomor satukan keselamatan. Maka jangan lupa menggunakan helm saat bersepeda untuk melindungi kepala. Bila memungkinkan, gunakan pula padding untuk siku dan lutut. Pakailah baju berlengan panjang, celana panjang serta sepatu tertutup untuk menghindari luka/lecet saat jatuh.

Baca juga: Memilih Tipe Sepeda Anak untuk Proses Belajar Pertama Kali

Semoga langkah-langkah belajar sepeda tersebut dapat membantu Anda untuk segera bisa mengendarai sepeda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *