Langkah Mudah Latihan Belajar Sepeda Anak

Langkah Mudah Latihan Belajar Sepeda Anak

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas outdoor yang bisa dilakukan oleh orang dewasa hingga anak-anak. Pada anak-anak, aktivitas bersepeda bisa memberikan manfaat lebih. Anak akan belajar koordinasi panca indera dengan seluruh anggota tubuh dan keseimbangan tubuh. Selain itu juga akan melatih keberanian serta kekuatan tangan dan kaki. Untuk bisa melakukan aktivitas bersepeda dengan baik dan benar, mengajarkan anak sedini akan lebih baik. Para orang tua bisa menggunakan cara tersendiri untuk mengajari putra-putri mereka belajar sepeda.

Langkah Mudah Latihan Belajar Sepeda Anak

Terdapat tiga ketrampilan dasar yang harus dikuasai anak saat belajar naik sepeda, yaitu mengayuh, mengemudikan, dan keseimbangan. Dengan menguasai ketiga ketrampilan dasar tersebut akan memungkinkan anak mengoperasikan sepeda dengan baik. Untuk anak yang baru pertama kali belajar, sepeda roda tiga biasanya digunakan sebagai langkah awal untuk mengajarkan belajar bersepeda. Sepeda ini sangat cocok untuk anak di usia 1-2 tahun. Sepeda roda tiga berguna untuk mengajarkan anak ketrampilan dasar mengayuh dan mengemudi. Anak akan belajar bagaimana mengayuh pedal dengan menggunakan tenaganya agar sepeda bisa berjalan serta belajar mengerem dengan baik. Setelah menguasai teknik mengayuh dan mengemudi, maka selanjutnya Anda bisa mengenalkan sepeda roda dua pada si kecil untuk melatih keseimbangannya.

Nah, agar anak terpacu untuk belajar sepeda maka Anda bisa menerapkan langkah-langkah mudah berikut ini.

  • Menanamkan motivasi pada anak.

Agar anak semangat untuk belajar naik sepeda, maka berikan motivasi agar anak tertarik untuk mulai belajar. Anda bisa membahas serunya naik sepeda pada si kecil, asyiknya bermain sepeda bersama teman-teman yang sudah bisa naik sepeda, dlsb.

  • Mempersiapkan peralatan sepeda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mempersiapkan sepeda roda tiga terlebih dahulu untuk melatih teknik mengayuh dan mengemudi terlebih dahulu jika masih berusia dini bawah lima tahun. Baru setelah si kecil menguasai kedua teknik tersebut, Anda bisa mencopot roda trainer atau roda bantu untuk mulai melatih keseimbangannya.

  • Mencari tempat yang aman untuk belajar bersepeda.

Idealnya Anda bisa mengajarkan naik sepeda pada si kecil di lapangan berumput yang luas. Sehingga jika terjatuh selama latihan tidak akan terlalu sakit. Jika tidak ada lapangan berumput di sekitar rumah Anda, maka Anda bisa mencari tempat atau lapangan yang datar dan jauh dari keramaian kendaraan.

  • Mengajarkan menuntun sepeda.

Ajarkan juga cara menuntun sepeda untuk melatih membawa sepeda dengan seimbang saat kondisi tidak dinaiki. Ajarkan si kecil untuk belajar menuntun sepeda secara lurus, berbelok, dan berputar agar tubuh dan otak anak terbiasa dengan gerakan tersebut.

Baca juga: Ingin Pandai Bersepeda di Gunung? Ikuti Tahapan Belajar Sepeda Ini!

  • Mengajarkan naik sepeda dan belajar keseimbangan.

Setelahnya si kecil bisa belajar sepeda dengan mulai menaikinya dan belajar keseimbangan di atas sepeda. Jika sebelumnya sudah menguasai mengayuh dan mengemudi, maka Anda bisa mengajarkan keseimbangan. Di awal-awal latihan Anda bisa memegangi sepeda si kecil untuk membiasakan mengemudikan sepeda dengan seimbang. Baru jika si kecil cukup berani untuk berdiri sendiri, Anda bisa mulai melepaskannya secara perlahan-lahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *