Kiat Tepat Perawatan Agar Terhindar dari Sepeda Rusak

Kiat Tepat Perawatan Agar Terhindar dari Sepeda Rusak

Salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan adalah bersepeda. Berbeda dengan olahraga lari yang tidak memerlukan peralatan apapun, saat bersepeda Anda memerlukan peralatan berupa sepeda. Merawat sepeda dengan baik dan benar merupakan suatu keharusan bagi pemilik sepeda agar sepeda senantiasa awet dan bisa digunakan untuk berolahraga seterusnya. Jika Anda malas, bisa dipastikan komponen-komponen akan menjadi tidak terawat dan aus. Tahu-tahu Anda akan mendapatinya menjadi sepeda rusak. 

Sama seperti manusia, sepeda juga memerlukan perawatan. Terlebih jika sepeda Anda sering digunakan untuk melintasi semak belukar hingga jalanan bebatuan. Tentu resiko lecet dan cepat aus bisa saja terjadi. Perawatan yang baik dan benar akan membuat sepeda Anda terhindar dari kerusakan dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Berikut ini perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan sepeda dari kerusakan:

Kiat Tepat Perawatan Agar Terhindar dari Sepeda Rusak

  • Mencuci sepeda secara rutin.

Jika sampai sepeda rusak tentu tidak bisa digunakan untuk bersepeda seperti sedia kala. Untuk perawatan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci sepeda dengan rutin. Jika sepeda selesai digunakan, cuci dengan segera. Hal ini untuk menghindarkan kotoran-kotoran yang menempel pada komponen-komponen sepeda menjadi karat dan susah dibersihkan jika tidak dicuci dengan segera.

  • Membersihkan rantai dan gear.

Anda bisa menggunakan lap basah yang terlebih dahulu sudah diberi sabun. Putarlah pedal dengan posisi kain lap menempel ke rantai agar kotoran yang ada rontok.

  • Membersihkan bagian frame.

Pergunakan air sabun dengan kain lap yang lembut untuk membersihkan keseluruhan bagian frame secara merata, stang depan, frame depan maupun belakang. Bersihkan juga pada bagian penarik rem sepeda dan bagian kabel pemindah gigi sepeda.

  • Membersihkan roda sepeda.

Bagian roda juga tidak boleh luput dari perawatan. Roda merupakan bagian yang terlebih dahulu menyentuh permukaan tanah maupun jalanan. Sehingga segala jenis kotoran lebih cepat menempel pada bagian roda. Setelah sepeda selesai digunakan, cuci segera bagian roda agar tidak menimbulkan karat, terutama pada bagian velg dan jerujinya.

  • Mengecek putaran roda depan dan belakang.

Jika saat dicek roda bergoyang ke kanan maupun ke kiri, kemungkinan jari-jari roda sepeda perlu untuk di stel ulang. Anda bisa menyerahkannya pada bengkel jika kurang memahami cara untuk menyetel ulangnya.

  • Mengecek rem sepeda.

Rem sepeda merupakan bagian yang sangat penting. Rem yang rusak bisa membahayakan pengemudinya. Jika saat dicek terjadi kerusakan pada komponennya, lakukan perbaikan segera. Apabila pengereman kurang baik, segera ganti kampas remnya.

  • Memeriksa tekanan ban.

Tekanan ban yang cukup akan menghindarkan ban mudah tertusuk benda tajam saat digunakan. Untuk itu periksa tekanan ban sebelum digunakan. Jika tekanan kurang, Anda bisa memompanya segera.

  • Menggunakan pelapis bodi.

Menghindari sepeda rusak dan tidak berfungsi bisa Anda siasati dengan menggunakan pelapis bodi. Cara ini akan menjaga sepeda terlihat lebih mengkilat dan juga awet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *