Tips Merawat Sepeda Vintage Anda dengan Tepat

Tips Merawat Sepeda Vintage Anda dengan Tepat

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang tidak hanya menyenangkan namun juga menyehatkan. Untuk melakukan aktivitas ini, Anda perlu memiliki sepeda terlebih dahulu. Adapun jenis-jenis sepeda itu sangat bervariasi dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Seperti misalnya jika Anda membutuhkan sepeda untuk melintasi jalanan perbukitan, gunung, medan berbatu, maka jenis sepeda gunung baik cross country maupun all mountain bisa menjadi pilihan yang tepat. Berbeda halnya lagi jika Anda ingin memiliki sepeda hanya untuk sekedar dikoleksi, maka jenis sepeda onthel ataupun sepeda vintage bisa menjadi pilihan yang menarik. 

Untuk sepeda onthel tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta sepeda karena terbilang cukup langka. Namun untuk sepeda jenis vintage mungkin masih agak sedikit jarang didengar. Vintage sendiri merupakan tipe sepeda jalan raya yang sering disebut juga dengan sepeda jalan rasa classic. Biasanya jenis sepeda yang satu ini menggunakan frame dari besi. Sepeda tipe ini biasanya dikoleksi oleh kalangan hobis tertentu. Sepeda jenis ini cukup susah untuk didapatkan saat ini. Maka tak heran jika harganya cukup mahal untuk didapatkan. Jika jenis sepeda yang satu ini merupakan salah satu jenis sepeda yang Anda miliki, maka jangan lupa untuk senantiasa merawatnya. Sehingga sepeda bisa lebih awet dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya.

Tips Merawat Sepeda Vintage Anda dengan Tepat

  • Mengecek komponen penting sepeda.

Cek selalu komponen-komponen penting pada sepeda vintage Anda, seperti rem, pedal, pemindah gigi, lampu, dan komponen kecil lainnya. Jika ada kotoran bersihkan dengan segera. Jika ada mur atau baut yang kendur bisa Anda kencangkan segera agar tidak terlepas saat digunakan.

  • Mengecek tekanan ban sepeda.

Jangan lupa untuk selalu mengecek tekanan ban sebelum dipakai. Sebab tekanan ban yang rendah bisa menyebabkan ban sepeda lebih mudah tertusuk benda tajam saat digunakan. Sehingga ban menjadi mudah kempes atau bocor. Selain itu tekanan ban yang kurang juga bisa berpengaruh pada velg sepeda yang menjadi cepat aus dan tidak awet.

  • Membersihkan rantai sepeda.

Untuk merawat rantai sepeda setidaknya Anda harus mempunyai pelumas dan cairan pembersih rantai. Kedua benda ini berguna untuk membersihkan dan untuk menjaga rantai tidak mudah macet.

  • Membersihkan rem sepeda.

Fungsi rem sepeda yang sangat penting untuk menghentikan laju sepeda, harus Anda rawat dengan baik. Cek selalu rem dengan teliti. Jika ada bagian yang aus atau tidak bisa mengerem dengan baik segera lakukan perbaikan. Cek juga minyak rem dan setelan kabelnya.

  • Membersihkan sepeda setelah pemakaian.

Selain mencuci sepeda vintage Anda secara berkala, cuci segera setelah Anda selesai menggunakannya. Bagian yang kotor jika dibiarkan hingga berhari-hari akan mengering dan susah dibersihkan. Selain itu bisa menimbulkan resiko karat dan merusak komponen sepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *