Cara Hilangkan Karat Pada Velg dan Jeruji Sepeda dengan Pembersih Sederhana

Cara Hilangkan Karat Pada Velg dan Jeruji Sepeda dengan Pembersih Sederhana

Sepeda menjadi salah satu alat transportasi yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat karena membuat badan menjadi lelah disebabkan Anda harus terus mengayuhnya agar tetap bisa bergerak. Namun, tidak sedikit yang memilih untuk menggunakan sepeda sebagai media untuk berolahraga. Agar sepeda tetap dalam kondisi yang baik, maka harus ada perawatan yang maksimal dan rutin seperti merawat bagian jeruji sepeda.

 Bagian jeruji dan velg tersebut rentan rusak dan mengalami karat. Hal tersebut disebabkan bagian kaki dari sepeda tersebut kerap terkena air ataupun lumpur yang menempel pada roda. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan dengan baik, maka akan menyebabkan karat yang tidak bisa dibersihkan. Untuk membersihkan bagian dari jeruji dan juga velg tersebut, terdapat beberapa pembersih sederhana yang bisa Anda pergunakan tanpa harus repot ke swalayan untuk membeli produk pembersih karat khusus sepeda.

 Cara Hilangkan Karat Pada Velg dan Jeruji Sepeda dengan Pembersih Sederhana

Pertama adalah dengan menggunakan air soda. Air soda ini biasanya dikonsumsi ataupun dibuat sebagai minuman soda gembira. Namun, soda terkenal mampu menghilangkan karat sehingga tidak heran jika soda digunakan untuk menghilangkan karat. Caranya adalah gunakan lap seperti kanebo dan tuangkan air soda secukupnya. Setelah itu, langsung gosokkan ke bagian velg dan jeruji sepeda yang berkarat. Jika dirasa sudah bersih, maka bilas dengan menggunakan air bersih dan jangan lupa keringkan hingga benar0benar kering. Namun, yang harus diingat adalah soda yang dipergunakan adalah soda yang tanpa pemanis.

 Kedua adalah dengan menggunakan batu ijo. Batu ini merupakan batu yang berwarna hijau yang sudah diiris terlebih dahulu sehingga menyerupai gula jawa yang di sisir. Untuk menghilangkan karat pada bagian jeruji dan juga velg, maka Anda harus mencampurkannya dengan menggunakan minyak kayu putih dan air soda lalu campurkan namun jangan terlalu kental ataupun terlalu encer. Gunakan lap atau kertas kemudian gosok bagian velg da jeruji dengan menggunakan cairan tersebut. Setelah bersih, jangan lupa untuk bilas dengan menggunakan air dan jangan lupa keringkan hingga benar-benar kering.

 Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Ketiga adalah menggunakan tanah. Menghilangkan karat pada jeruji sepeda dan juga velg ternyata bisa menggunakan tanah. Jenis tanah yang dipergunakan adalah tanah pasir basah ataupun tanah liat. Untuk menghilangkan karat, caranya adalah: 

  • Siapkan lap basah, tanah liat ataupun tanah pasir basah, sepeda dengan velg dan jeruji yang berkarat.
  • Colekkan lap tersebut pada tanah yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  • Gosokkan lap itu ke bagian velg dan juga jeruji yang sudah berkarat.
  • Lakukan hal tersebut berulang kali hingga bagian yang berkarat menjadi bersih.
  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih dan jangan lupa keringkan hingga benar-benar kering agar tidak menimbulkan karat yang baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *