Rantai Sepeda MTB Anda Putus? Tenang dan Lakukan Hal Ini!

Rantai Sepeda MTB Anda Putus? Tenang dan Lakukan Hal Ini!

Rantai menjadi salah satu komponen sepeda yang paling vital. Tanpa adanya rantai, maka alat transportasi beroda dua tersebut tidak akan berfungsi dengan baik. Rantai sepeda harus tetap dirawat dengan baik terutama untuk sepeda yang digunakan melewati jalanan atau medan yang terjal dan tidak merata seperti sepeda gunung atau MTB. Tidak jarang rantai pada sepeda putus saat digunakan, namun, untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara berikut ini.

Rantai yang putus tersebut bisa saja disebabkan karena perawatan yang salah namun bisa juga disebabkan karena penggunaan yang tidak tepat misalnya mengaturnya di gear yang terendah saat naik. Jika ketika rantai putus tersebut Anda salah menyambungnya maka bisa berakibat fatal misalnya rantai menjadi semakin mudah lepas atau mudah putus ketika sepeda sedang dipergunakan dan hal tersebut tentunya akan sangat menghambat Anda saat sedang bersepeda.

 Rantai Sepeda MTB Anda Putus? Tenang dan Lakukan Hal Ini!

Untuk menyambung rantai sepeda yang putus tersebut Anda butuh alat yang khusus yang berfungsi tidak hanya untuk menyambung namun juga memutuskan rantai. Alat tersebut biasanya ada di 1 set rescue tools. Setelah itu, lakukan beberapa tindakan yang tepat. Pertama adalah dengan membuang rantai yang rusak kemudian menyambungkan kembali rantai tersebut. Tindakan ini dapat menjadi solusi yang tepat jika Anda tidak memiliki sisa rantai atau tidak membawa sparepart yang bisa dipasangkan. Walapun resikonya memiliki panjang rantai yang lebih pendek namun bisa menjadi alternatif sebelum akhirnya Anda ganti karena rantai yang terlalu pendek bisa menyebabkan RD atau rear derailleur menjadi tertarik ekstrim dan kemudian rusak. 

Kedua adalah dengan membuang rantai yang rusak tersebut kemudian menggunakan mata rantai dari jenis yang sama, Anda sambungkan dengan menggunakan alat khusus yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Karena hal tersebut, pastikan jika Anda sudah memilih jenis rantai yang tepat seperti yang Anda pergunakan pada rantai MTB Anda. Selain bisa mendapatkannya di toko sepeda, Anda juga bisa mendapatkannya di bengkel yang biasanya terdapat sisa rantai yang sudah tidak dipergunakan namun masih memiliki kondisi yang cukup bagus. 

Ketiga adalah dengan membuang rantai sepeda yang sudah rusak tersebut dan kemudian menyambungkannya kembali menggunakan part chain link. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda membawa spare part Anda saat Anda sedang berkendara dengan menggunakan MTB yang Anda miliki. Part tersebut merupakan 2 sisi pin rantai yang terpisah dan dapat saling dikaitkan. Penyambung rantai tersebut memiliki prinsip seperti kancing baju. Tidak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan cara ini dibandingkan dengan 2 cara sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena penanganannya yang lebih cepat, mudah serta ketika Anda memasangnya, selain saat membuang bagian rantai yang sudah rusak dan tidak bisa digunakan kembali, Anda tidak perlu untuk menggunakan alat bantu yang lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *