Cara Merawat Sepeda BMX Supaya Sepeda Lebih Awet

Cara Merawat Sepeda BMX Supaya Sepeda Lebih Awet

Seperti sepeda pada umumnya, sepeda BMX juga membutuhkan perawatan agar sepeda tersebut terjaga performanya dan bisa digunakan lebih tahan lama. Meskipun saat ini semakin banyak merek BMX yang beredar di pasaran, namun dari semua mereka tersebut membutuhkan perawatan khusus sehingga dapat membantu memperpanjang usia dari BMX yang anda miliki. Para pemilik BMX kebanyakan mampu menguasai freestyle menggunakan BMX tersebut. Namun cukup disayangkan ternyata ada sebagian dari mereka yang masih melupakan perawatan sepeda tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa sepeda BMX yang tidak dirawat dengan baik justru akan membuat sepeda tersebut mudah rusak dan berkarat. Tak jarang kejadian membahayakan pun bisa terjadi seperti rantai putus, ban bocor dan lain-lain. Padahal kejadian tersebut sangat membahayakan para pengguna sepeda terutama ketika mereka sedang beratraksi. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta menjaga sepeda tersebut agar tetap awet maka sebaiknya anda melakukan beberapa cara perawatan BMX sebagai berikut ini.

Cara Merawat Sepeda BMX Supaya Sepeda Lebih Awet

  1. Jangan Mencuci BMX
    Cara merawat sepeda BMX yang pertama adalah dengan tidak mencuci sepeda tersebut. Sebab jika anda mencucinya akan membuat spare part pada sepeda tersebut akan mudah berkarat. Sehingga bagi anda yang memiliki BMX jangan mencuci sepeda tersebut meskipun dalam kondisi kotor sekalipun. Jika sepeda tersebut terlanjur terkena air terutama bagian spart partnya maka silakan untuk segera mengelap bagian sepeda yang terkena air lalu keringkan.
  2. Merawat dan Memperhatikan Spare Part
    Untuk merawat sepeda BMX, maka anda harus rutin melakukan perawatan pada bagian spare partnya yang meliputi rantai, rear hub, stem, headset, as dan head tub. Sebab bagian spare part ini sangat mudah mengalami kerusakan. Untuk merawat beberapa bagian tersebut, anda bisa menggunakan pelumas atau stempet yang berkualitas. Untuk stempet yang berkualitas biasanya memiliki warna putih atau kuning. Meskipun harganya lebih mahal namun pelumas tersebut dijamin dapat melindungi sepeda anda.
  3. Cek Secara rutin dan Kencangkan Ruji
    Apabila terdapat beberapa biji ruji yang kendor sebaiknya segera lakukan pengencangan agar tidak membahayakan bagi pengguna. Selain itu, lalukan pengecekan ruji velg secara rutin untuk menjaga kenyamanan serta keselamatan anda saat menggunakan sepeda tersebut.
  4. Mengganti Piringan Rantai yang Tipis
    Biasanya piringan rantai atau sprocket yang sudah mulai tipis jiak tersebut digunakan akan berisiko pada terjadinya rantai putus dan bisa melukai pengguna sepeda. Dengan demikian sebaiknya segera ganti piringan rantai sepeda BMX yang sudah terlihat bergigi tajam dan tipis.
  5. Gunakan Hub Guard
    Gunakanlah hub guard atau pelindung hub agar hub cassete dan front hub BMX tidak cepat rusak meskipun sering digunakan untuk beraksi menggunakan peg atau tanpa peg.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara merawat sepeda BMX yang bisa menambah wawasan anda. cara perawatan tersebut sebaiknya perlu anda perhatikan mulai dari sekarang sebab dengan perawatan sepeda yang rutin akan membuat BMX anda lebih awet dan aman digunakan untuk berbagai atraksi ekstrem sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *