Tips Pilih Sepeda Gunung yang Tepat untuk Buah Hati

Kemajuan teknologi di zaman digital seperti sekarang ini memang memberikan berbagai macam kemudahan mulai dari televisi interaktif, ponsel canggih serta sarana hiburan dengan basis teknologi. Belakangan ini juga muncul keluh kesah orang tua karena kesulitan menjauhkan buah hati mereka dari gadget serta video game. Hubungan sosial anak-anak pun menjadi berkurang. Selain itu bermain gadget dan video game berisiko obesitas. Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan adalah mengajak mereka bersepeda. Anda bisa memilihkan sepeda gunung yang lucu untuk mereka.

Bersepeda adalah olahraga yang mudah dilakukan, santai dan tetap memiliki dampak besar untuk kesehatan anak-anak, baik dari dalam atau pun dari luar. Bersepeda juga dapat melatih koordinasi saraf dan keseimbangan. Memilih sepeda gunung untuk buah hati, sudah pasti berbeda dengan memilih sepeda untuk kita sendiri. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan, salah satunya seperti faktor keamanan. Sebelum melakukan pembelian sepeda untuk anak, lebih baik Anda memperhatikan beberapa hal berikut seperti:

Tips Pilih Sepeda Gunung yang Tepat untuk Buah Hati

 

  • Ukur sepeda

Ukur sepeda yang pas dan sesuai untuk anak, bukan hanya mengukur tinggi sepeda dan tinggi anak. Bagi anak yang berusia 7 hingga 10 tahun, Anda bisa memilihkan sepeda yang berukuran 20 inci, sedangkan untuk anak-anak yang berusia lebih dari 10 tahun, Anda dapat memilih ban yang memiliki lingkar 26 inci. Selain itu harus mempertimbangkan berat badan. Berat badan akan mempengaruhi kekuatan anak dalam pengontrolan sepeda. Anda bisa meminta anak mencoba sepeda terlebih dulu. Perhatikan, apakah anak dapat memegang stang dengan aman atau tidak.

  • Bagian frame sepeda

Frame juga menjadi bagian penting yang dapat menunjang kekuatan bodi sepeda. Jika rangka kurang kuat, akan membahayakan keselamatannya. Pastikan juga terdapat penutup gear agar ia selamat dari gesekan rantai saat menggunakan sepeda. Sekarang ini, rangka sepeda memiliki berbagai macam bahan.

Bahan titanium adalah frame yang paling ideal karena memiliki kekuatan seperti baja, tetapi memiliki bobot yang ringan. Bahan ini bisa membuat sepeda gunung di banderol dengan harga yang tinggi. bahan lainnya seperti carbon fiber. Bahan ini sering digunakan, salah satu alasannya adalah bobot yang ringan. Padahal selain bobotnya yang ringan, bahan carbon fiber dapat menahan getaran serta anti karat, kekurangannya, harganya yang cukup mahal.

  • Bagian sadel sepeda

Sebagai tempat duduk, pastikan kembali buah hati Anda duduk secara kokoh dan nyaman di sana. Jangan sampai ia tergelincir ketika berada di atas sadel. Selain itu, sesuaikan jarak sadel serta stang sepeda agar merek terhindar dari cedera saat memegang handle. Anda juga harus mencoba mengatur tinggi sadel sepeda gunung yang akan dibeli. Jangan memasang tinggi berlebihan, karena energi anak akan lekas terkuras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *