Berbagai Jenis Sepeda Gunung yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Berbagai Jenis Sepeda Gunung yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Melakukan aktivitas di sekitar pegunungan begitu mengasyikkan. Apalagi udara di pegunungan masih segar dan cocok untuk melakukan olahraga. Jika Anda yang gemar bersepeda, agar bisa melewati tanjakan di pegunungan, Anda harus menggunakan sepeda khusus seperti sepeda gunung. Sepeda jenis ini digunakan untuk medan berat, dengan menggunakan sepeda jenis ini, bentuk jalanan apapun akan mudah dilalui entah jalanan berpasir, becek, berbatu atau pun berlumpur.

Namun, agar bersepeda dapat menjadi semakin maksimal, pasti Anda membutuhkan sepeda gunung yang pas. Ada beberapa jenis sepeda ini yang harus Anda pahami.

Berbagai Jenis Sepeda Gunung yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

  • Cross Country

Sepeda dengan jenis Cross Country sengaja dirancang untuk melintasi jalur off road. Anda dapat menggunakan sepeda jenis Cross Country untuk jalanan yang memiliki rintangan minim hingga menengah. Selain itu, jenis ini bisa digunakan untuk jalanan pedesaan. Sepeda Cross Country memiliki bobot yang ringan, sehingga sangat nyaman dikendarai. Bobot sepeda jenis Cross Country hanya 9 hingga 14 kg saja. Sepeda ini lengkap dengan travel 6 sampai 20 cm di bagian depan.

  • Downhill

Sepeda jenis Downhil dirancang untuk melaju dengan kecepatan tinggi serta aman digunakan untuk menuruni perbukitan dan pegunungan. Produk Downhil memang dirancang secara khusus untuk jalur yang penuh turunan, sesuai namanya. Jenis Downhil dilengkapi dengan suspensi di bagian belakang untuk meredam benturan. Downhil dapat menikung secara stabil meskipun dengan kecepatan tinggi. karena diciptakan secara khusus untuk daerah dengan banyak turunan, sepeda gunung jenis Downhil kurang tepat digunakan untuk jalanan kota.

  • Freeride

Jenis Freeride adalah paduan sepeda model downhill dan sepeda untuk jalanan perkotaan. Freeride dibuat dengan tujuan memudahkan penggunanya untuk drop off menggunakan tekanan tinggi. Jenis Freeride lebih populer di kalangan anak muda karena dapat melakukan style serta trik untuk melompat ke atas tanah. Freeride memiliki berat 16 sampai 23 kilogram sehingga tak begitu lincah seperti jenis yang lain.

  • All Mountain

Jenis All Mountain atau yang dikenal dengan trail bike merupakan sepeda yang khusus dipergunakan untuk melintasi medan yang berat. All Mountain cocok digunakan untuk naik turun bukit. Bahkan, bagi Anda yang memiliki hobi keluar masuk hutan dapat dilakukan dengan menggunakan All Mountain. All Mountain memiliki bobot lebih berat dibandingkan dengan sepeda yang biasanya digunakan di perkotaan. Rangka sepeda jenis All Mountain juga lebih besar. Sepeda gunung jenis All Mountain mempunyai travel suspensi depan sampai 15 cm.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Ketika ingin membeli sepeda gunung, selain mempertimbangkan harga sepeda, Anda juga harus mempertimbangkan jenis, pastikan jenis sepeda tersebut sesuai dengan medan yang nantinya akan Anda tempuh. Jangan sampai Anda membutuhkan sepeda jenis All Mountain, namun Anda malah membeli jenis yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *