Inilah Tips Merawat Sepeda Kesayangan Anda Agar Lebih Awet

Inilah Tips Merawat Sepeda Kesayangan Anda Agar Lebih Awet

 

Dari waktu ke waktu model sepeda memang kian beragam. Terlebih akhir-akhir ini bersepeda menjadi sebuah tren tersendiri di kalangan masyarakat agar memiliki tubuh yang sehat. Tidak hanya itu, bersepeda juga menjadi sebuah hoby yang memacu adrenalin serta menantang karena bisa dilakukan di medan jalan yang sulit dan terjal. Kondisi tersebut tentu akan membuat sepeda anda lebih berisiko cepat rusak. Namun tak perlu khawatir karena dengan merawat sepeda secara benar maka sepeda anda akan lebih awet meskipun sering digunakan.

Mungkin sebagian dari anda selama ini masih mengabaikan perawatan sepeda anda. Padahal perawatan sepeda dengan tepat dan rutin akan membuat sepeda anda lebih awet dan tetap nyaman untuk digunakan. Berikut ini akan disampaikan tips perawatan sepeda kesayangan yang bisa anda praktikkan.

Inilah Tips Merawat Sepeda Kesayangan Anda Agar Lebih Awet

  1. Mencuri Secara Rutin
    Tips merawat sepeda yang pertama adalah dengan mencuci sepeda tersebut secara rutin. Sebelum mencuci sepeda tersebut, silakan melepaskan aksesoris sepeda terlebih dahulu terutama yang melekat pada handle bar atau stang seperti bel, lampu, spedometer dan lain sebagainya. Terlebih jika anda menggunakan jenis rem V brakes.
  2. Bersihkan Rantai dan Gir
    Gunakan lap basah yang telah diberikan sabun untuk membersihkan rantai dan gir. Proses pembersihan rantai dan gir bisa anda lakukan dari bagian pedal kemudian putra pedal dengan posisi lap menempel pada rantai agar kotoran rantai rontok.
  3. Bersihkan Frame
    Untuk membersihkan bagian frame sepeda, silakan gunakan lap dan air sabun. Lakukan pengelapan pada seluruh bagian frame, bagian depan, stang hingga ke frame belakang. Jangan lupa untuk membersihkan pula bagian penarik rem serta kabel pemindah gigi.
  4. Bersihkan Roda Sepeda
    Agar bagian roda semakin bersih, silakan lepaskan kedua roda sepeda tersebut. Lalu bersihkan setiap bagian dari kedua roda tersebut terutama bagian cakram dan jari-jari roda. Lalu pasang kembali roda secara hati-hati.
  5. Mengecek Putaran Roda
    Ketika roda sudah terpasang kembali, silakan cek putaran roda tersebut untuk memastikan roda tidak goyang. Dalam hal ini anda harus memastikan kondisi jari-jari roda sudah tidak goyang.
  6. Sistem Pengereman
    Dalam merawat sepeda, hal penting yang tak boleh terlupakan adalah pengecekan sistem pengereman. Jika rem tersebut sudah aus dan rem tidak berfungsi optimal sebaiknya segera ganti kampas rem tersebut. Jangan lupa pula untuk mengecek setelan kabel dan minyak remnya.
  7. Tekanan Ban
    Sebelum memakai sepeda, sebaiknya selalu lakukan pengecekan tekanan ban untuk mencegah terjadinya ban terlipat dan mudah bocor.
  8. Menggunakan Pelapis Body
    Agar cat sepeda lebih awet dan terlihat mengkilat sebaiknya gunakan pelapis body khusus sepeda untuk melapisi seluruh permukaan sepeda.

Baca juga http://infosepeda.net/

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips merawat sepeda yang bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *