Cara Mudah Merawat Sepeda Anak

Cara Mudah Merawat Sepeda Anak

 

Tak dapat dipungkiri, membelikan sepeda untuk anak memang menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi setiap orang tua. Terlebih saat melihat tawa buah hati yang riang saat memakai sepeda tersebut tentu akan menjadi sebuah kebanggaan. Dengan membiasakan buah hati bersepeda maka membuat mereka akan lebih aktif bergerak serta mudah bersosialisasi dengan teman-temannya. Namun sebagai orangtua anda tugas anda adalah merawat sepeda buah hati sehingga sepeda tersebut nyaman dan aman untuk bermain buah hati.

Meskipun mungkin selama ini sering dianggap sepele bagi sebagian orangtua, tetapi merawat sepeda anak adalah hal yang harus diperhatikan oleh orangtua.  Hal ini sangat penting agar keselamatan anak saat mengendarai sepeda tetap terjaga sehingga mereka akan tetap aman saat bermain sepeda. Nah, untuk membantu anda dalam melakukan perawatan sepeda anak maka berikut ini akan dijelaskan cara-caranya untuk anda.

Cara Mudah Merawat Sepeda Anak

  1. Mencuci Sepeda Seminggu Sekali
    Cara merawat sepeda anak yang pertama adalah dengan mencuci sepeda anak minimal seminggu sekali. Perlu anda ketahui bahwa mencuci sepeda secara rutin akan menghindarkan buah hati anda dari bahasa saat bersepeda. Misalnya saja ketika sepeda anak lama tidak dibersihkan akan menimbulkan kotoran yang menempel sehingga sulit dibersihkan, kondisi ban yang berlumpur akan membuat sepeda semakin licin dan membahayakan buah hati. Selain itu membersihkan sepeda secara rutin akan mencegah terjadinya korosi. Untuk membersihkan sepeda ini anda bisa mencucinya menggunakan air tawar lalu keringkan sepeda menggunakan lap yang kering dan lembut. Kemudian jemur sepeda ditempat yang sejuk dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  2. Bagian Rantai dan Gear
    Rantai dan gear merupakan bagian sepeda yang rawan dan sangat penting anda perhatikan saat merawat sepeda. Bahkan tidak jarang celana atau rok anak akan masuk pada rantai yang bisa membuat anda  jatuh dari sepeda. Oleh karena itu pastikan bagian rantai dan gear benar-benar kencang dan tambahkan sedikit oli agar sepeda tersebut ringan saat dikayuh. Pastikan bagian gear juga bersih dari lumpur sehingga tidak mudah keropos.
  3. Mengecek Rem
    Cara merawat sepeda yang berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin pada bagian rem sepeda anak. Rem menjadi bagian yang sangat penting untuk menunjang keselamatan anak saat bersepeda. Sebagai orangtua, tugas dan adalah memastikan kedua rem sepeda anak bisa berfungsi dengan baik. Jika kampas rem sepeda sudah mulai menipis, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Jangan lupa untuk mengencangkan kabel atau kawat rem sehingga akan menunjang keselamatan buah hati anda.

Simak juga http://infosepeda.net/

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara merawat sepeda anak yang perlu anda ketahui. Dengan merawat sepeda anak secara rutin maka akan membuat sepeda buah hati tidak hanya awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *