Tips Memakai Sepeda Lipat Agar Nyaman dan Lebih Tahan Lama

Tips Memakai Sepeda Lipat Agar Nyaman dan Lebih Tahan Lama

 

Sepeda lipat merupakan salah satu jenis sepeda yang kini semakin tren dan banyak disukai oleh berbagai kalangan. Keunikan yang dimiliki oleh sepeda jenis ini adalah bagian sepeda yang bisa dilipat sehingga sepeda tersebut tak hanya nyaman dipakai namun juga lebih praktis saya disimpan. Selain itu sepeda yang bisa dilipat ini bisa dengan mudah anda bawa ke mana saja sehingga anda bisa dengan mudah bersepeda kapan saja dan dimana saja.

Memakai sepeda lipat sebetulnya hampir sama dengan sepeda pada umumnya. Tetapi dengan modelnya yang lebih simpel dan unik membuat anda harus memberikan perlakuan ekstra pada sepeda tersebut. Dengan pemakaian yang tepat maka sepeda tersebut akan nyaman dipakai. Selain itu sepeda tersebut lebih tahan lama sehingga anda bisa menikmati waktu bersepeda secara lebih seru dan menyenangkan. Bagi anda yang berminat ingin memiliki sepeda yang bisa dilipat maka sebaiknya perhatikan tips memakai sepeda sebagai berikut.

Tips Memakai Sepeda Lipat Agar Nyaman dan Lebih Tahan Lama

  1. Medan Jalan
    Perlu anda ketahui bahwa sepeda lipat hanya diperuntukkan untuk medan jalan yang beraspal saja. Sebaiknya sepeda jenis ini jangan digunakan pada medan jalan yang berat atau untuk penggunaan freestyle. Selain itu hindari kondisi jalan yang berlubang serta jalan yang tidak rata yang ada polisi tidurnya. Sebab sepeda lipat pada umumnya tidak dilengkapi dengan shock depan.
  2. Hindari Tempat Kotor dan Berlumpur
    Saat memakai sepeda lipat, sebaiknya hindarilah tempat-tempat yang berlumpur dan kotor agar sepeda anda tetap awet. Kondisi tempat yang berlumpur akan membuat kotoran menempel dan sulit dibersihkan sehingga membuat sepeda mudah berkarat dan mengalami kerusakan di beberapa bagiannya.
  3. Mencuci Sepeda
    Dalam pemakaian sepeda lipat sebaiknya juga memperhatikan cara mencuci sepeda tersebut. Saat mencuci sepeda ini, sebaiknya hindari mencuci menggunakan semprotan air yang deras dan keras agar air tidak masuk pada sela-sela komponen yang dapat menimbulkan munculnya karat pada sepeda. Dengan demikian saat mencuci sepeda upayakan untuk menyiramnya secara perlahan lalu bersihkan permukaan sepeda menggunakan lap.
  4. Pengecekan Rem
    Agar sepeda tersebut aman saat digunakan sebaiknya lakukan pengecekan kondisi rem secara rutin. Tak dapat dipungkiri, rem menjadi komponen keselamatan yang sangat penting pada sepeda. Agar rem tersebut tetap berfungsi dengan baik maka lakukan perawatan secara rutin dan memastikan tidak ada bagian rem yang berkarat sehingga kinerja rem tetap optimal saat dipakai bersepeda.
  5. Cara Melipat
    Karena sepeda jenis ini bisa dilipat maka sebaiknya anda harus mengetahui cara melipat sepeda tersebut ketika akan disimpan. Selain itu pastikan pula membuka lipatan dengan benar agar nantinya sepeda tersebut tidak mengalami kerusakan.

Baca juga http://infosepeda.net/

Itulah penjelasan mengenai tips memakai sepeda lipat agar nyaman dan tahan lama yang perlu anda ketahui. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *