Tips Merawat Sepeda Antik Agar Semakin Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Sepeda Antik Agar Semakin Awet dan Tahan Lama

 

Bagi anda yang gemar mengkoleksi barang-barang antik mungkin tak ingin ketinggalan untuk mengkoleksi sepeda antik. Sepeda yang satu ini memang memiliki kesan yang kuno serta klasik sehingga memiliki nilai seni yang tinggi. Tak jarang sepeda tersebut juga memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga menjadi incaran para kolektor barang-barang antik. Bahkan sepeda yang antik bisa memiliki usia hingga ratusan tahun namun kondisinya masih sangat bagus.

Meskipun kondisi sepeda antik biasanya masih terlihat layak dan bagus, namun sebaiknya anda harus cermat dan teliti saat merawatnya. Kondisi komponen yang sudah berkurang membuat anda harus melakukan perawatan yang khusus sehingga sepeda tersebut nantinya tidak mudah rusak. Nah, untuk memudahkan anda dalam merawat sepeda yang antik, maka berikut ini akan dijelaskan tipsnya untuk anda.

Tips Merawat Sepeda Antik Agar Semakin Awet dan Tahan Lama

  1. Mengoleskan Pelumas dengan Teratur
    Biasanya sepeda antik dibuat dari bahan besi yang kuat sehingga untuk perawatan sepeda ini anda harus mengoleskan pelumas pada setiap permukaan sepeda untuk mencegah terjadinya korosi atau perkaratan. Ada beberapa bagian penting yang sebaiknya anda olesi pelumas diantaranya rangka, jeruji, gear, rantai, dan lain-lain. Dengan perawatan yang rutin akan membuat sepeda tidak mudah berkarat.
  2. Periksa Kondisi Rem
    Rem menjadi bagian yang penting dari sebuah sepeda. Jika rem ini mengalami kerusakan maka akan sangat membahayakan pengendaranya. Dengan demikian agar rem ini tidak menurun daya gunanya sebaiknya lakukan perawatan secara rutin dengan selalu mengecek kondisi rem. Apabila ternyata rem sepeda tersebut memang sudah tidak layak dan tidak berfungsi maka sebaiknya segera ganti rem sepeda tersebut. Namun jika sulit menemukan onderdil sepeda yang asli maka anda bisa menggunakan rem baru tetapi modelnya lawas.
  3. Jangan Mengupas Karat
    Bila ternyata sepeda antik anda terdapat karat, sebaiknya jangan membersihkan karat tersebut secara manual. Hal ini disebabkan karena pembersihan karat secara manual akan membuat ketebalan sepeda anda semakin berkurang sehingga lebih mudah keropos. Cara yang disarankan untuk membersihkan karat adalah dengan menggosoknya menggunakan amplas halus lalu olesi dengan semir atau cat secara tipis-tipis pada bekas karat yang sudah anda amplas.
  4. Cuci dengan Benar
    Gunakan air bertekanan sedang untuk mencuci sepeda sehingga kotoran dan debu yang menempel pada sepeda dapat terangkat. Kemudian gunakan sampo sepeda motor dengan bahan yang lembut untuk membersihkan sepeda. Sedangkan untuk bagian yang tersembunyi, anda bisa membersihkannya menggunakan sikat gigi bekas.
  5. Zat Pelapis Khusus
    Untuk melindungi sepeda anda dari debu dan polusi maka silakan memoles sepeda menggunakan zat pelapis khusus sepeda. Dengan demikian warna sepeda akan tetap terlindungi serta tampak berkilau.

Simak juga http://infosepeda.net/

Demikianlah penjelasan mengenai tips merawat sepeda antik yang tepat agar sepeda anda lebih awet. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *