Lakukan Tips Berikut Ini untuk Merawat Sepeda Balap Kesayangan Anda

Lakukan Tips Berikut Ini untuk Merawat Sepeda Balap Kesayangan Anda

 

Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu jenis sepeda yang didesain secara khusus untuk bersepeda dengan kecepatan yang tinggi namun tetap ringan dan stabil saat digunakan. Umumnya rangka road bike kelas speed memiliki bahan yang ringan yang terbuat dari logam alumunium maupun karbon fiber. Selain itu road bike dirancang dengan menggunakan ukuran yang sangat kecil dengan bagian velg, stang dan pedal yang terbuat dari alumunium. Ciri khas lain yang bisa Anda temukan pada jenis sepeda yang satu ini adalah posisi tempat duduknya yang dibuat tinggi agar pengendara bisa merunduk sambil memegangi stang. Posisi ini akan membuat terpaan angin yang mengenai tubuh lebih sedikit.

Tidak banyak perbedaan saat mengendarai road bike dengan jenis sepeda yang lainnya. Frame dan bahan pendukung yang terbuat dari bahan alumunium dan karbon fiber, menjadikan perawatan sepeda yang satu ini menjadi lebih mudah. Hal ini karena bahan dari alumunium bersifat lebih ringan dibandingkan dengan bahan pembuat sepeda lainnya. Agar road bike yang Anda miliki bisa lancar digunakan dalam jangka waktu yang lama maka Anda harus melakukan perawatan dengan baik dan benar. 

  • Bersihkan sepeda seusai dipakai.

Jangan menunda-nunda membersihkan sepeda balap Anda seusai dipakai. Membiarkan kotoran menempel terlalu lama dan mengering akan membuat kotoran tersebut sulit untuk dibersihkan. Kotoran yang dibiarkan juga bisa menyebabkan timbulnya karat sepeda, terutama pada bagian jeruji sepeda.

Lakukan Tips Berikut Ini untuk Merawat Sepeda Balap Kesayangan Anda

  • Mencuci sepeda menggunakan air yang telah dicampur dengan shampo mobil.

Anda bisa menggunakan air sekitar 5 liter dan mencampurnya dengan larutan shampo mobil. Cara ini akan memudahkan Anda saat mencuci serta menjaga komponen sepeda tetap bersih kesat.

  • Menggunakan sikat berbulu halus untuk membersihkan bagian-bagian sepeda.

Anda bisa memanfaatkan sikat gigi bekas atau kuas cat berukuran kecil untuk membersihkan bagian-bagian sepeda yang sulit terjangkau. Celupkan kuas atau sikat pada air shampo kemudian bersihkan bagian-bagian tersebut.

  • Menggunakan spon tebal untuk mencuci sepeda.

Untuk mencuci sepeda bagian atas, Anda bisa menggunakan spon tebal untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel. Celupkan spon pada air shampo dan bersihkan bagian-bagian tersebut lalu bilas hingga bersih.

  • Mengeringkan sepeda menggunakan kain katun.

Biarkan selama 15 menit setelah selesai dicuci sampai air yang menetes dari sepeda berkurang. Selanjutnya Anda bisa mengelap sepeda menggunakan kain katun yang lembut secara perlahan.

  • Menggunakan cairan pembersih dan pelumas pada rantai sepeda.

Cara ini akan membuat kinerja rantai lebih efektif, ringan dikayuh, dan tidak menimbulkan noise.

Baca juga http://infosepeda.net/

  • Menyimpan sepeda di tempat yang jauh dari terpaan air.

Penyimpanan sepeda balap yang baik adalah yang terhindar dari jangkauan anak-anak, air, dan tidak terkena panas matahari secara langsung.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *