Ikuti Tips Berikut Ini untuk Merawat Sepeda Onthel Anda

Ikuti Tips Berikut Ini untuk Merawat Sepeda Onthel Anda

 

Sepeda onthel merupakan salah satu sepeda jaman dahulu yang terbilang langka kita temukan saat ini. Tak sedikit para kolektor barang-barang antik memasukkan sepeda jadul ini sebagai salah satu barang koleksinya. Seperti barang langka lainnya, sepeda jadul ini memiliki nilai jual yang tinggi. Namun untuk pecinta barang antik sejati, harga bukanlah masalah yang serius. Kepuasan mendapatkan barang antik incarannya tentu tidak bisa dibandingkan dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Mengingat jenis sepeda ini sudah berusia puluhan tahun, tentu perawatannya pun tidak boleh sembarangan. Salah-salah sepeda bukannya menjadi tambah awet namun malah terjadi sebaliknya.

Tak seperti merawat sepeda zaman terkini yang mudah untuk kita lakukan, barang langka yang satu ini perlu Anda perlakukan dengan cara yang berbeda. Agar sepeda awet dan bisa digunakan tanpa kendala, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk perawatannya:

Ikuti Tips Berikut Ini untuk Merawat Sepeda Onthel Anda

  • Oleskan pelumas dengan teratur.

Umumnya jenis sepeda yang satu ini terbuat dari frame besi yang kuat. Agar tidak terjadi korosi maka Anda harus mengoleskan pelumas ke permukaan sepeda yang rentan terjadi karat, seperti bingkai, rantai, jeruji, gear, dlsb. Komponen-komponen tersebut yang dibiarkan berkarat akan menyebabkan sepeda sulit untuk dioperasikan, macet, dan rusak. Jika Anda cukup kesulitan menemukan pelumas untuk sepeda ini, Anda bisa menggunakan pelumas sepeda motor.

  • Lakukan kontrol pada rem sepeda.

Rem merupakan komponen penting pada sepeda karena bisa mengendalikan laju sepeda. Rem yang tidak terawat akan rentan mengalami kerusakan. Hal ini tentu akan membahayakan pengendara sepeda. Untuk itu periksa rem sepeda onthel secara teratur. Jika terjadi kerusakan segera lakukan perbaikan atau pergantian rem yang baru. Jika cukup sulit untuk menemukan komponen ini di pasaran, Anda bisa menggunakan rem baru yang bertipe jadul. 

  • Jangan pernah mengupas karat.

Menjumpai karat yang terkelupas pada sepeda memang terkadang membuat gatal untuk menghilangkannya. Namun jangan pernah mengupas secara manual sepeda antik yang satu ini. Hal ini akan mengurangi ketebalan sepeda. Untuk membersihkan karat sebaiknya gosok menggunakan amplas halus hingga permukaannya rata dan cat secara tipis pada bagian yang tadinya berkarat tersebut.

  • Mencuci sepeda dengan air bertekanan sedang.

Untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel, Anda bisa mencucinya menggunakan air bertekanan sedang. Gunakan shampo berbahan lembut untuk menjaga kebersihannya. Untuk bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa menggunakan bantuan sikat gigi bekas.

Baca juga http://infosepeda.net/

  • Memoles dengan zat pelapis khusus.

Kondisi jalanan yang tak menentu bisa saja membawa kotoran dan debu pada permukaan sepeda onthel Anda. Selain itu resiko terkena paparan sinar matahari juga tidak bisa dielakkan. Supaya sepeda terlindungi, oleskan zat pelapis khusus untuk melindungi warna sepeda dan menjaga kilaunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *