4 Tips Bantu Pilih Sepeda Anak yang Benar

4 Tips Bantu Pilih Sepeda Anak yang Benar

Memperkenalkan sepeda anak kepada buah hati tentu menjadi tindakan yang tepat supaya si kecil terbiasa bersepeda sejak dini. Kegiatan bersepeda juga bisa menjadi media anak untuk bermain sehingga tidak hanya bisa menikmati mainan di gadget kesayangannya. Anak-anak yang sudah terbiasa bersepeda bisa jadi akan membawa kebiasaan ini hingga mereka tumbuh dewasa. Seperti yang diketahui bersama jika kegiatan bersepeda memang menyehatkan dan tentunya murah dibanding harus rutin masuk ke gym.

Tips Membelikan Sepeda untuk Anak

Hanya saja untuk membuat anak jatuh cinta dengan sepeda dan kegiatan bersepeda wajib sekali memilihkan sepeda yang tepat. Tidak banyak orangtua yang cerdas dalam memilih sepeda bagi buah hatinya, maka simak beberapa tips berikut untuk menghindari kesalahan:

4 Tips Bantu Pilih Sepeda Anak yang Benar

  • Sesuaikan desain dengan usia anak,

Desain sepeda untuk anak-anak sangat beragam dan biasanya dari pabrik sudah ditentukan untuk anak usia berapa. Maka Anda bisa menjumpai sepeda roda tiga, bahkan ada yang dibuat beroda empat. Sesuaikan desain ini dengan perkembangan si kecil dan juga usianya, sebab sepeda untuk anak usia 3 tahun berbeda dengan usia 10 tahun.

  • Ukuran sepeda pas dengan postur tubuh anak,

Ukuran dari sepeda anak juga musti diperhatikan, idealnya mengajak anak ke toko sepeda supaya tidak salah ukur. Pastikan tinggi sepeda tidak melebihi tinggi tubuhnya, yakni maksimal sampai ke bagian pinggang. Apabila sepedanya terlalu rendah maka akan memaksa anak membungkuk dan kakinya tidak bisa mengayuh dengan nyaman. Sebaliknya, jika ukuran sepeda terlalu besar justru bisa membuatnya sulit untuk dikayuh dan akhirnya malang tidak terpakai.

  • Baiknya dari bahan yang aman,

Perhatikan pula material yang dipakai untuk pembuatan kerangka dan bagian manapun dari sepeda tersebut. Idealnya anak-anak mempergunakan sepeda yang terbuat dari bahan plastik atau besi kemudian diberi lapisan plastik supaya aman. Sebab bisa jadi selama bersepeda si kecil malah bermain dan menjilat kerangka sepedanya, maka pilih material yang aman. Namun jangan asal aman saja melainkan cari pula yang kuat supaya awet dan juga tahan banting. Siapa tahu nanti bisa dipakai ke adik buah hati Anda sehingga lebih hemat.

Baca juga http://infosepeda.net/

  • Memiliki warna yang cerah dan mencolok,

Anak-anak selalu identik dengan warna cerah karena terkesan ceria dan menyenangkan, anak-anak juga lebih tertarik bermain dengan benda berwarna cerah di sekitarnya. Akan lebih baik jika mengajak anak untuk memilih sepedanya sendiri supaya warna yang didapatkan sesuai dengan seleranya. Membelikan sepeda untuk anak memang baiknya tidak asal apalagi jika si kecil sudah bisa memilih seleranya sendiri, maka ambil yang memang pas dengan keinginan anak. Supaya rajin memakai sepeda anak yang sudah Anda belikan tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *