Cara Mudah Rawat Baterai Sepeda Listrik Agar Lebih Awet

Cara Mudah Rawat Baterai Sepeda Listrik Agar Lebih Awet

Sepeda listrik merupakan sepeda yang menggunakan baterai sehingga memudahkan Anda agar bisa bersepeda dengan lebih nyaman karena Anda tidak hanya bisa bersepeda seperti biasa namun juga bisa melaju dengan lebih cepat seperti menggunakan sepeda motor walaupun kecepatannya sangat rendah. Karena sepeda ini mengunakan baterai agar bisa melaju lebih cepat, maka anda harus merawat baterai sepeda tersebut terutama jika Anda kerap menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Sebelum Anda merawat baterai sepeda tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis baterai dan juga kapasitasnya.

 Ada 4 jenis baterai yaitu LAB atau lead acid baterai yang mempunyai harga yang murah namun tidak dapat bertahan lama, Ni cad, NiMh, Lithium. Setelah itu, ketahui berapa kapasitas baterai. Kapasitas baterai perlu diketahui dengan baik disebabkan karena akan mempengaruhi dalam lamanya pengisian baterai tersebut. Jika salah dalam pengisan baterai, akan menyebabkan baterai menjadi lebih cepat aus, bisa terjadi konsleting dan akhirnya rusak. Karena hal tersebut cari tahu kapasitasnya dan lama waktu pengisiannya. Jangan lupa untuk mencari tahu mengenai kapan baterai dari sepeda tersebut harus diganti agar tidak merusak komponen sepeda yang lainnya.

Cara Mudah Rawat Baterai Sepeda Listrik Agar Lebih Awet

Untuk mengisi baterai yang tepat pada sepeda listrik, Anda bisa melakukan 2 cara berikut ini:

  • Dengan mengeluarkan baterai terlebih dahulu dari kendaraan listrik Anda. Caranya adalah:
    • Tempatkan lebih dahulu sepeda Anda dan keluarkan baterai dari sepeda.
    • Letakkan baterai di tempat yang rata.
    • Siapkan charger yang tepat dan pastikan Anda memasang charger tersebut dalam posisi yang tepat dan tidak terbalik.
    • Sambungkan charger dengan soket baterai.
  • Charging langsung pada sepeda. Caranya yaitu:
    • Posisikan sepeda Anda di tempat yang datar dan merata.
    • Matikan mesinnya dan cabut kunci sepeda Anda.
    • Sabut sambungan listrik controler baterai.
    • Sambungkan charger ke songket listrik.

Ketiga adalah jangan lupa untuk melepas charger setelah pengisian baterai selesai. Hal tersebut disebabkan karena jika tidak dicabut, aliran listrik akan tetap mengalir dan bisa menimbulkan over capacity yang menyebabkan baterai tidak mampu menampung daya dan akhirnya bocor dan rusak. Keempat adalah cek pada bagian pengereman dan cara Anda dalam mengerem serta hindari mengerem secara mendadak.

Simak juga http://infosepeda.net/

Cara lain merawat baterai sepeda listrik yaitu:

  • Hindari untuk menggunakan sepeda tersebut di tempat yang terlalu menanjak agar baterai tidak bekerja terlalu ekstra. Jika melewati tanjakan yang tinggi atau jalan yang kurang bagus kondisinya, Anda bisa mengayuhnya saja.
  •  Hindari untuk meningkatkan kecepatan terlalu mendadak terutama ketika Anda baru saja menghidupkan sepeda tersebut. Selain agar baterai tidak rusak karena arus tidak stabil, cara tersebut juga bisa menjaga keselamatan Anda agar sepeda tidak melaju kencang saat Anda tidak siap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *