Kiat Kuat Bersepeda dengan Sepeda Polygon Anda

Kiat Kuat Bersepeda dengan Sepeda Polygon Anda

Bersepeda menjadi salah satu pilihan tidak hanya untuk olahraga namun juga untuk bepergian tanpa perlu takut polusi. Namun, tidak sedikit yang akhirnya berhenti bersepeda karena merasa capek dan lelah setelah menaikinya terutama untuk jarak yang cukup jauh walaupun anda menggunakan sepeda yang bagus seperti sepeda Polygon. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut tips agar Anda tidak mudah lelah saat bersepeda.

Kiat Kuat Bersepeda dengan Sepeda Polygon Anda

Pertama adalah mengenai penempatan kaki. Kesalahan penempatan kaki yang tanpa disadari sering dilakukan akan berpengaruh pada energi yang Anda habiskan untuk mengayuh. Teknik mengayuh yang tepat adalah lebih fokus ke penempatan sendi pertemuan antar jari dan telapak kaki yang diletakkan di poros sepeda. Hindari untuk mengayuh sepeda dengan menggunakan jari kaki karena hal tersebut dapat menekan kaki tendon Anda dan membuat kaki cepat lelah. Untuk penempatan yang lebih tepat, Anda bisa menggunakan sepatu sepeda yang dilengkapi dengan klip pedal untuk mengunci kaki Anda dan membuat kaki Anda tidak mudah lepas dari pedal.

Kedua adalah melatih dengan gear tetap. Pemilihan gear yang salah bisa mempengaruhi besarnya energi yang Anda butuhkan untuk mengayuh sepeda sehingga jika terlalu berat maka akan membuat Anda cepat lelah. Cobalah untuk berlatih dengan menggunakan sepeda Polygon dengan gear tetap atau yang tidak bisa diubah gearnya. Dengan cara tersebut dapat membantu Anda untuk tetap melatih kontak dengan sepeda serta melatih kekuatan kayuhan sehingga nantinya jika Anda menggunakan sepeda multigear tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Ketiga adalah fokus ke kayuhan tekan dan tarik. Cara ini dilakukan untuk menambah efisiensi pedaling. Teknik yang dapat Anda latih adalah dengan tidak hanya mengayuh dengan cara menekan pedal ke bawah namun juga menambahkan kontak pada kaki ke permukaan pedal untuk bagian kaki yang mendapat giliran ‘ditarik naik’. Singkatnya teknik upstroke ini membantu untuk menjaga kaki terhubung ke pedal dan bergerak seperti siklus melingkar.

Keempat adalah menyesuaikan posisi dengan ketinggian sadel. Tujuannya tidak hanya untuk mengurangi rasa lelah namun juga rasa sakit yang dapat Anda rasakan di lutut Anda saat bersepeda yang disebabkan karena posisi sadel yang terlalu kedepan dan membuat tekanan di sendi lutut meningkat. Teknik ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang bersepeda jarak jauh. Posisi kaki harus hampir lurus saat Anda naik ke saddle dengan besar sudut 180o. Caranya adalah dengan mengukur seatpost ke posisi maksimal kayuhan rider saat menggunakan sepeda Polygon dan langkahnya yaitu:

Baca juga Ini Dia Berbagai Pilihan Sepeda Murah Polygon yang Bisa Anda Pilih

  • Ukur kaki Anda dengan meteran, dari pangkal selangka ke telapak kaki sehingga hasilnya lebih akurat.
  • Ukur panjang lengan crack misalnya kaki 70, crank length 20 dan totalnya 90 cm.
  • Tari ke atas meteran dari poros Button bracket dan sesuaikan ketinggian dengan ukuran yang sudah Anda ukur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *