Lakukan Cara Aman Ini untuk Kendarai Sepeda Gunung

Lakukan Cara Aman Ini untuk Kendarai Sepeda Gunung

Banyak sepeda yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan track yang akan Anda lewati. Seperti sepeda MTB atau yang dikenal dengan sepeda gunung. Sepeda yang digunakan di track yang memiliki permukaan yang tidak rata seperti di gunung ini memerlukan kontrol sehingga Anda bisa bersepeda di gunung dengan aman. Terdapat beberapa tips bersepeda di gunung yang dapat Anda aplikasikan agar kegiatan bersepeda Anda tetap berkesan dan aman.

Lakukan Cara Aman Ini untuk Kendarai Sepeda Gunung

Pertama adalah untuk menghadapi lintasan yang licin dan miring, Anda harus memposisikan sepeda dengan tepat sehingga tidak kehilangan kendali. Teknik untuk lintasan ini tergantung dari kecepatan Anda sebelum memasuki lintasan yang licin dan miring. Pusatkan berat tubuh pada pedal sehingga sepeda yang Anda naiki tersebut lebih bisa untuk mencengkeram dengan tanah. Jangan terlalu kaku namun tetap mencengkeram kemudi atau stang dengan erat untuk mempermudah dalam pengendalian sepeda. Pastikan juga roda sepeda Anda permukaannya tidak aus sehingga lebih mudah mencengkeram tanah dan tidak mudah tergelincir.

Kedua adalah gunakan rem yang tepat. Kemampuan pengereman yang tepat akan sangat diperlukan saat bersepeda di gunung. Umumnya, untuk melewati turunan sebagian besar orang akan menggunakan rem belakang untuk menahan agar sepeda gunung tidak langsung meluncur turun. Akan tetapi, dibandingkan dengan rem sepeda belakang, untuk melewati turunan lebih efektif untuk menggunakan kombinasi antara penggunaan rem depan dan rem belakang. Caranya yaitu gunakan 1 jari untuk rem depan dan 2 jari untuk rem belakang.

Ketiga adalah melewati rintangan tanpa harus turun dari sepeda. Gunung memiliki track yang beragam dan ada kalanya Anda harus turun dari sepeda dan menggendong sepeda untuk bisa melewati track tersebut. Akan tetapi, untuk tetap bisa melaju di track tertentu yang penuh rintangan, cara atau teknik yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengayuhnya secara perlahan. Setelah Anda melewati rintangan maka Anda harus mencondongkan badan ke belakang lalu tarik stang sedikit sehingga ban depan dapat terangkat lalu tumpukan berat badan ke stang dengan cara mencondongkan badan ke depan agar ban belakang ikut terangkat.

Simak juga Ini Dia Cara Tepat Memilih Sepeda Gunung yang Bagus Sesuai Fungsinya

Teknik yang lainnya yang akan sangat berguna saat Anda bersepeda di gunung menggunakan sepeda gunung yaitu:

  • Menaklukkan celah seperti cela di bebatuan ataupun diantara pohon. Caranya adalah dengan mencongkan badan ke belakang, tarik stang sehingga ban terangkat dan lakukan dengan cepat sebelum ban masuk ke celah setelah itu condongkan badan ke depan sehingga ban bisa terangkat dan melewati celah.
  • Menghadapi lintasan batu dan salah satunya adalah dengan menjaga kecepatan bersepeda dan menjaga agar tubuh tetap berpegang atau berkontak pada sepeda agar tubuh tidak terjatuh saat menerima guncangan ketika melewati track berbatu. Posisikan gear 1 tingkat lebih tinggi dari biasa dan saat menggunakan rem, gunakan secara bersamaan agar Anda tidak tergelincir.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *