Ingin Sepeda Antik Anda Tetap Tahan Lama? Inilah Tips Merawatnya!

Ingin Sepeda Antik Anda Tetap Tahan Lama? Inilah Tips Merawatnya!

Alat transportasi berupa sepeda memang kini sudah jarang sekali dipakai. Awalnya dulu sepeda diciptakan untuk bisa digunakan sebagai benda untuk transportasi. Namun kini sudah berbeda fungsinya karena sepeda umumnya hanya sebatas untuk olahraga atau hobi saja. Saat ini sudah ada banyak sekali model sepeda yang ada di pasaran mulai dari sepeda fixie, sepeda gunung dan masih banyak lagi. Meski demikian ternyata masih banyak juga yang gemar dengan sepeda antik.

Ingin Sepeda Antik Anda Tetap Tahan Lama? Inilah Tips Merawatnya!

Sepeda lawas memang terlihat membosankan dan begitu kuno. Meski demikian, untuk beberapa penghobi, sepeda lawas ini justru terlihat artistik. Meski demikian, tentunya salah satu tantangan memiliki sepeda kuno adalah kualitas dan juga kondisi sepedanya yang kurang baik. Oleh karena itu beberapa jenis perawatan rutinan berikut ini wajib sekali Anda perhatikan:

  • Perhatikan kebersihan sepeda

Pertama adalah dengan menjaga selalu kebersihannya. Tentu saja dengan adanya noda atau kotoran yang menempel pada sepeda, maka sepeda akan terlihat lusuh. Belum lagi jika kotoran itu menempel lama di sana sehingga kerapkali menjadikan sepeda berkarat. Oleh karena itu kebersihan adalah yang utama. Tak hanya bersihkan bagian rangka saja, namun sepeda antik kesayangan juga harus dibersihkan keseluruhan di bagian gir dan lainnya.

  • Tak lupa dengan pelumas

Selanjutnya adalah dari segi pelumas. Memang bisa dibilang pelumas merupakan benda yang sepele dan kerapkali justru dilupakan padahal pelumas memegang peranan yang amat penting. Anda harus memberikan pelumas dengan rutin setidaknya di beberapa bagian misalnya rantai, roda as, pedal as hingga tuas remnya. Dengan hal ini maka karat akan bisa diminimalisir. Selain itu kemacetan di bagian mesin ketika dijalankan juga bisa dikurangi.

  • Selalu kontrol rem

Berlanjut ke bagian rem dimana rem ini harus selalu dimaksimalkan. Kerusakan umum yang kerap terjadi salah satunya adalah di bagian rem dimana kerusakannya biasanya sering karena lupa mengontrol rem. Dengan demikian menjadikan karet remnya tipis dan rem kurang bekerja. Untuk itu. Anda harus selalu mampu mengontrol rem dan jika sudah kurang maksimal, maka setel ulang remnya.

  • Minimalisir karat

Tak bisa dipungkiri jika sepeda kuno selalu tak tahan dengan karat. Oleh karena itu Anda harus tahu trik untuk bisa meminimalisir terjadinya karat pada sepeda. Caranya adalah dengan hindarkan sepeda sebisa mungkin dari udara lembab serta kena air hujan. Apabila sepeda Anda sudah tidak ada catnya lagi, maka bisa juga dengan melapisinya menggunakan minyak misalnya minyak kelapa, baby oil dan lainnya.

Simak juga Inilah Cara Memilih Sepeda Antik Onthel dengan Benar dan Tepat

Itulah beberapa tips sederhana untuk jadikan sepeda antik Anda bisa tetap tahan lama dan tahan karat. Bagi Anda yang suka bersepeda maka ikutlah komunitas sepeda sehingga bisa punya banyak teman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *