Tips Memilih Sepeda Anak yang Tidak Membuat Cidera

Tips Memilih Sepeda Anak yang Tidak Membuat Cidera

Semua orang tua tentunya menginginkan anaknya selalu dalam kondisi yang baik-baik saja. Termasuk pada saat melakukan aktifitas bersepeda yang memang sering kali dilakukan sang anak. Karena bersepeda adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Sebagai orang tua yang baik tentunya haruslah pandai dalam melakukan pembelian sepeda anak diantara banyaknya pilihan yang ada di toko sepeda.

Memilih sepeda yang aman dan nyaman adalah memilih jenis sepeda yang sesuai dengan usia sang anak. Anda tidak akan merasa kesulitan dalam melakukan pemilihan pada jenis sepeda untuk anak yang sesuai dengan usianya, karena di toko sepedapun juga memiliki banyak pilihan sepeda yang sesuai dengan usia sang anak. Dengan begitu maka Anda dapat untuk mengikuti ulasan berikut agar Anda tidak salah memilih sepeda untuk anak.

Anak yang mengendarai sepedanya sesuai dengan usianya, tentunya tidak akan menjumpai sepeda yang terlalu kecil maupun kebesaran yang mana untuk jenis sepeda yang kurang tepat dikendarai sang anak hal ini dapat menyebabkan keamanan dan kenyamanan sang anak terganggu, sehingga hal ini dapat menjadikan sang anak terancam bahaya yang dapat menimbulkan cidera pada anak. Oleh sebab itulah jadilah orang tua yang cerdas dalam menjaga keamanan dan kenyamanan sang anak selama bersepeda.

Tips Memilih Sepeda Anak yang Tidak Membuat Cidera

Berikut ini tips memilih sepeda anak yang sesuai dengan usia anak, yaitu:

  • Untuk usia 2 hingga 4 tahun.

Untuk anak yang berusia 2 hingga 4 tahun lebih baik pilihlah sepeda dengan velg berukuran 12 inchi atau 30cm, dilengkapi dengan roda 3 dari 1 roda bagian depan dan juga 2 roda bagian belakang.

  • Untuk usia anak 4 hingga 7 tahun.

Untuk anak yang berusia 4 hingga 7 tahun, alangkah baiknya memilih jenis sepeda yang memiliki velg ukuran 16 inci atau 40cm, dengan penggerak pedal yang ada pada bagian tengah dan 2 roda bantu belakang bagian kiri dan kanan.

  • Untuk anak usia 5 hingga 8 tahun.

Untuk usia 5 hingga 8 tahun sangat tepat menggunakan sepeda dengan velg berukuran 18 inci atau 45cm.

  • Untuk usia 8 hingga 12 tahun.

Untuk usia ini sangat tepat menggunakan sepeda dengan velg berukuran 20 inchi atau 50 cm.

  • Untuk anak usia diatas 12 tahun.

Usia ini sangat tepat menggunakan sepeda dengan velg berukuran 24 inchi atau 60cm, dapat juga 26 inci atau 65cm

Dengan memilih sepeda anak yang sesuai dengan usianya maka anak akan merasa nyaman dan tentunya hal ini pun juga dapat meminimalisir bahaya yang dapat menyebabkan sang anak mengalami cidera, sehingga jangan hanya melihat model sepeda yang lucu dan bagus saja, namun perhatikan pula usia anak yang nantinya akan menggunakan sepeda tersebut.

Baca juga Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Sepeda Anak Secara Tepat  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *