Ingin Sepeda Antik Anda Selalu Tampil dengan Baik? Pastikan untuk Melakukan Hal Ini!

Ingin Sepeda Antik Anda Selalu Tampil dengan Baik? Pastikan untuk Melakukan Hal Ini!

Sepeda memang merupakan kendaraan yang paling ramah lingkungan karena tidak memakai bahan bakar apa pun dan tidak menimbulkan polusi bagi lingkungan. Selain itu, jenis kendaraan ini juga sering dipakai untuk berolahraga dan dapat membantu agar tubuh Anda bisa lebih sehat dan selalu bugar. Namun, selain untuk tujuan tersebut, pastinya juga ada yang menyukai sepeda karena memiliki desain yang unik serta sekarang ini sudah tidak diproduksi lagi, seperti halnya sepeda antik. Kebanyakan dari jenis sepeda tersebut biasanya memiliki usia yang sudah cukup tua, sehingga pemakaiannya pun harus Anda pikirkan kembali. Namun, Anda bisa memakainya kembali jika sepeda tersebut dengan baik dan juga benar. Jika ingin penampilan sepeda tersebut dan juga mengembalikan kualitasnya sehingga bisa dipakai kembali, maka Anda harus menerapkan dan melakukan beberapa hal berikut ini dan tidak boleh sampai kelupaan.

Ingin Sepeda Antik Anda Selalu Tampil dengan Baik? Pastikan untuk Melakukan Hal Ini!

  • Memberi Pelumas

Memang kelihatannya terlihat sangat sepele, namun sebenarnya hal ini sangat penting untuk Anda lakukan agar sepeda tersebut bisa dipakai kembali dan membuat tampilannya pun semakin baik. Anda bisa memberikan cairan pelumas atau oli sepeda pada bagian-bagian tertentu yang banyak sekali mengalami gerak. Misalnya, pada rantai sepeda, roda, dan masih banyak yang lainnya. Jika diberikan pelumas, pastinya sepeda tersebut akan terhindar dari resiko aus atau seret dan macet, karatan, dan lain sebagainya.

  •  Karatan

Jika sudah tua, biasanya apa pun yang terbuat dari bahan besi dan sejenisnya pasti akan mengalami karat, begitu pula dengan sepeda antik yang Anda miliki. Jika terdapat karat di sekujur badannya, jangan Anda kupas karat tersebut secara langsung. Cucilah dulu sepeda tersebut secara berkala dan barulah Anda bisa menghilangkannya secara perlahan dan sedikit-sedikit agar bagian kerangka besinya tidak mengalami kerusakan atau menimbulkan masalah baru lainnya. Jika tidak ingin repot, Anda bisa menyemirnya atau menimpa karat tersebut dengan cat yang bertekstur halus.

  • Air Tekanan Sedang

Hal lainnya yang harus Anda lakukan demi sepeda tersebut bisa tampil baik dan dapat digunakan kembali adalah dengan mencucinya menggunakan air dengan tekanan yang sedang. Hal ini bertujuan agar bagian-bagian badannya tidak ada yang rusak atau pun terkelupas. Hal ini dapat terjadi mengingat usia dari sepeda tersebut pastinya sudah tua dan juga rentan akan segala hal yang berlebihan.

Baca juga Inilah Daftar Sepeda Antik yang Memiliki Daya Tarik Lebih yang Ada di Indonesia

  • Perhatikan Rantai

Bagian yang juga dianggap sangat penting dari sebuah sepeda antik adalah bagian rantainya. Jika ada masalah pada bagian ini, maka keselamatan dan keamanan Andalah yang terancam. Untuk itu, jangan lupa untuk membersihkannya, terutama sehabis melewati jalan yang penuh debu dan becek. Selain itu, penampilan sepeda Anda pastinya akan tetap baik dan Anda pun menjadi percaya diri untuk memakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *