Tidak Hanya Satu, Sepeda Ontel Ternyata Memiliki Berbagai Jenis yang Harus Anda Ketahui

Pada zaman dulu, belum ada alat transportasi yang dapat berjalan dengan menggunakan mesin selain kereta api. Oleh karena itu, kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih memilih untuk berpergian dengan menggunakan sepeda saja. Meski sudah ada berbagai jenis alat transportasi yang sifatnya lebih memudahkan mereka, namun nyatanya kendaraan tersebut memiliki harga yang cukup fantastis pada saat tersebut, terutama untuk kendaraan pribadi. Tidak heran jika orang zaman dulu lebih memilih untuk memakai sepeda ontel yang tidak memerlukan biaya besar, hanya memperhitungkan biaya perawatannya saja. Namun, ternyata sepeda ini memiliki banyak jenis, tidak hanya satu. Bukan hanya di Indonesia saja yang memakai jenis sepeda tersebut, namun nyatanya hampir di seluruh negara menggunakan jenis sepeda tersebut. Berikut inilah beberapa jenis dari sepeda tersebut yang harus sekali Anda ketahui:

Betavus

Jenis sepeda lawas yang satu ini sudah diciptakan oleh sebuah pabrik asing pada tahun 1917. Perusahaan tersebut memang bukan yang memiliki skala besar, melainkan perusahaan kecil yang ada pada zaman tersebut. Jenis ini memang pada awal peluncurannya belum terlalu diminati oleh masyarakat. Namun menginjak tahun 50an, sepeda ini mulai dilirik oleh sebagian besar negara di dunia dan akhirnya membuat nama dari pabrik tersebut menjadi besar, terkenal dan juga sukses.

Gazelle

Sepeda ontel yang satu ini tentu bukan asing lagi di telinga orang Indonesia. Jenis ini merupakan jenis sepeda terlaris yang pernah ada di negara ini. Dikeluarkan pada tahun 1902, perusahaan asal Belanda ini nyatanya sukses untuk membuat sepeda dengan kualitas terbaiknya pada saat tersebut. Meski tidak memproduksi sepeda saja, nyatanya perusahaan ini memproduksi juga spare part sendiri. Oleh karena itu, perusahaan ini menjadi terkenal dan sangat diminati oleh masyarakat di seluruh negara. Meski di tahun 1971 perusahaan ini diambil alih, namun nyatanya tidak cukup membuat perusahaan ini gulung tikar.

Phoenix

Jenis sepeda lainnya adalah yang dikeluarkan oleh Phoenix pada tahun 1904. Mereka membuat suatu sepeda antic yang memiliki desain yang padat dan juga berkualitas. Selain itu, jenis ini memiliki transmisi dengan tiga jenis kecepatan pada bagian braketnya. Tidak heran banyak perusahaan lain yang ingin membeli mereka karena mampu mencetak kesuksesan yang begitu besar dan menjadi terkenal pada saat tersebut.

Simplex

Sebenarnya masih banyak lagi jenis sepeda ontel yang dikeluarkan oleh berbagai perusahaan asing yang masuk ke Indonesia, namun yang terakhir ini adalah Simplex. Perusahaan ini dibangun dari tahun 1890 dan berhasil menciptakan sepeda yang dapat berjalan dengan sangat mulus dan memiliki frame salib yang sangat terkenal pada zaman tersebut. Meski sempat berpindah tangan, namun jenis sepeda ini tetap dicintai oleh masyarakat di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *