4 Perawatan Khusus Sepeda Balap Agar Performanya Selalu Maksimal

Suka balapan? Jika iya, cobalah balapan yang lebih sehat yakni memakai sepeda balap yang bisa dipakai balapan di segala medan. Bahkan sepeda jenis ini aman untuk melintasi jalanan di pegunungan yang memang terjal serta berlumpur. Selain bisa mendapatkan sensasi memacu kecepatan setiap kali tubuh mengayuh sepeda ini juga dijamin menjadi lebih sehat. Banyak kalori bisa terbakar dan tubuh pun akan mengeluarkan hormon endorphin, sehingga lepas pula dari stress dan lebih murah senyum sebab lebih bahagia.

Perawatan Khusus untuk Sepeda yang Dipakai Balapan

Kalau mau merasakan manfaat tersebut maka nikmati balapan dengan sepeda kesayangan secara teratur, paling tidak dua pekan sekali. Kemudian jangan sampai lupa untuk merawat sepeda yang digunakan karena rupanya butuh perawatan tambahan dibandingkan sepeda biasa. Adapun perawatan ini antara lain:

Memakai dan merawat ban sepeda dengan seksama,

Karena sepeda ini nantinya akan dikayuh dengan tenaga ekstra agar bisa melaju dengan cepat maka gunakan ban sepeda berkualitas. Isi anginnya dengan nitrogen bukan angin biasa agar tidak mudah kempes kemudian selalu jaga kebersihannya. Sebab ban sepeda yang kotor akan membuatnya mudah slip dan berat ketika dikayuh.

Memeriksa rantai sepeda secara teratur,

Supaya sepeda balap bisa melaju dengan baik dan stabil maka tidak hanya memerlukan ban yang bersih dan kuat. Akan tetapi juga memerlukan rantai yang tidak kalah berkualitas sehingga bisa ikut berputar dengan cepat, memastikan gerakan antara roda depan dan belakang bisa seirama. Usahakan untuk rutin memeriksa komponen ini sebab kalau rusak sedikit saja maka dipastikan akan tersendat ketika dikayuh, bagaimana kalau sepeda macet di tengah hutan belantara?

Memberikan pelumas,

Tidak hanya motor dan mobil balap saja yang membutuhkan pelumas, akan tetapi sepeda yang Anda gunakan untuk balapan juga membutuhkannya. Beberapa komponen memerlukan cairan pelumas untuk menghindari aus dan bunyi berisik ketika dikayuh. Mulai dari rantai sampai beberapa komponen lain yang memang mudah aus dan tergerus ketika bergesekan dengan komponen lainnya. Cek pelumas ini secara teratur dan sebelum kering segera dioleskan kembali, sebab yang namanya balapan dijamin lekas kering.

Baca Juga : Kenali Dulu 4 Ciri-ciri Sepeda Balap yang Ideal Berikut Ini!

Memastikan selalu dalam kondisi bersih,

Mencegah karat pada sepeda jenis ini memang wajib dilakukan karena sekali berkarat dijamin akan susah dikayuh. Alih-alih dipakai balapan, bisa keliling kompleks tempat tinggal saja sudah harus disyukuri. Oleh sebab itu jangan sampai tidak digunakan terlalu lama karena memang perlu dipakai secara teratur agar semua komponen selalu bekerja dengan baik. Kemudian setiap kali usai digunakan segera dibersihkan karena kotoran yang menumpuk bisa memicu karat dan membuat bebannya meningkat. Jangan sampai kayuhan sepeda balap Anda terlalu berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *