Ingin Sepeda Antik Anda Selalu Tampil Keren dan Tahan Lama? Rawatlah dengan Cara Ini!

Ingin Sepeda Antik Anda Selalu Tampil Keren dan Tahan Lama? Rawatlah dengan Cara Ini!

Pada zaman yang modern ini, pastinya penggunaan sepeda yang merupakan kendaraan yang ramah lingkungan akan lebih jarang dipakai dibanding dengan jenis kendaraan lainnya yang sudah berbasis dengan mesin dan alat bermotor. Namun, banyak juga yang menjadikan sepeda sebagai barang yang harus mereka koleksi. Bukan sembarang sepeda yang dikoleksi, melainkan sepeda antik saja yang sering menarik perhatian para kolektor di Indonesia. Meski pun hanya sebagai koleksi, namun nyatanya ada beberapa jenis sepeda yang sudah lama atau tua yang masih bisa digunakan untuk berjalan-jalan. Namun, Anda harus merawatnya dengan sangat baik, mengingat usianya yang sudah tua, pasti komponen di dalamnya juga sudah tidak bagus lagi. Oleh karena itu, terapkanlah hal berikut ini:

Ingin Sepeda Antik Anda Selalu Tampil Keren dan Tahan Lama? Rawatlah dengan Cara Ini!

  • Memberi Pelumas

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar sepeda tua tersebut dapat Anda gunakan adalah mengolesi pelumas pada setiap bagian sepeda dengan teratur agar tidak terjadi korosi. Hal ini dikarenakan sepeda tua biasanya menggunakan frame yang terbuat dari besi yang bertekstur kuat. Perhatikan bagian yang rentan rusak seperti rantai, jeruji, gear, dan lain sebagainya. Jika terjadi korosi, maka komponen yang dianggap penting pun akan menjadi macet, rusak dan kering. Anda bisa memperbaikinya dengan mengolesi pelumas, gunakan pelumas untuk motor jika tidak menemukan pelumas sepeda.

  • Kondisi Rem

Bagian lain yang harus sekali Anda selalu periksa dan cek kondisinya adalah bagian remnya. Sepeda antik yang sudah termakan usia biasanya mempunyai resiko kerusakan yang lebih besar dan juga akan tidak berfungsi lagi jika dirawat dengan sebaik-baiknya. Hal ini tentu akan membuat Anda dalam bahaya ketika sedang menggunakannya. Jika rem sudah tidak bekerja dengan baik, akan lebih baik untuk menggantinya. Memang untuk sepeda jenis lama akan susah mencari rem yang serupa, namun Anda bisa menggunakan rem untuk sepeda modern agar lebih mantap.

  • Tidak Mengupas Karat

Sepeda yang sudah termakan oleh usia memang biasanya terdapat karat-karat yang sudah membandel. Namun, janganlah Anda kupas karat tersebut, karena hal ini dapat membuat ketebalan sepeda menjadi berkurang dan membuatnya akan semakin cepat mengalami keropos. Untuk menghilangkan karat tersebut, Anda bisa menggosoknya dengan menggunakan amplas yang bertekstur halus, lalu cat kembali dengan tipis saja bekas amplasan tersebut. Maka sepeda pun akan terlihat seperti baru lagi.

Baca Juga Inilah Daftar Sepeda Antik yang Memiliki Daya Tarik Lebih yang Ada di Indonesia

  • Mencuci dengan Benar

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membuat sepeda antik Anda dapat dipakai kembali layaknya sebuah sepeda normal adalah mencucinya dengan benar. Anda bisa menggunakan air yang memiliki tekanan yang sedang agar debu dan juga kotoran yang melekat bisa segera hilang. Lalu, gunakanlah shampoo yang diperuntukan bagi motor agar sepeda lebih terlihat bersih dan menarik. Untuk membersihkan bagian-bagian yang memang susah untuk dijangkau, Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *