Sepeda Gunung, Siap Mengayuh dan Menemani Anda untuk Melewati Medan Ekstrim

Sepeda Gunung, Siap Mengayuh dan Menemani Anda untuk Melewati Medan Ekstrim

Sepeda merupakan alat transportasi yang dapat digunakan untuk medan biasa dan medan berat. Medan disini diartikan sebagai kondisi jalan, kondisi jalan yang bagus dan kondisi jalan yang tidak bagus atau tidak rata. Sepeda untuk jalan yang bagus tentunya dirancang berbeda dengan sepeda untuk medan yang tidak bagus terutama jika jalannya berbatu-batu tak rata. Hal ini dikarenakan fungsi sepeda sudah berbeda dan komponen yang menyusun juga berbeda, sepeda medan berat tentunya harus memiliki rangka yang lebih kuat dan kualitas bannya lebih tebal dan tahan. Biasanya sepeda untuk medan seperti ini disebut sepeda gunung.

Sepeda Gunung, Siap Mengayuh dan Menemani Anda untuk Melewati Medan Ekstrim

Sepeda ini diperuntukkan untuk orang-orang yang suka bersepeda di gunung atau bukit yang memiliki kondisi jalan tidak rata dan berbatu-batu. Sepeda ini tentunya tidak sembarangan untuk dipilih karena akan mempengaruhi keselamatan si pemakai sepeda. Berikut adalah tips memilih sepeda untuk kegiatan ini diantaranya:

  • Kenali berbagai jenis sepeda pada umumnya serta spesifikasi sepeda untuk membedakan berbagai jenis sepeda.
  • Pastikan sudah memiliki budget yang cukup untuk membeli sepeda beserta perlengkapan sepeda lainnya.
  • Pilih jenis sepeda untuk gunung, antara fulsus atau HT, bedanya fulsus lebih nyaman digunakan dan HT lebih ringan dan cocok untuk medan berat.
  • Sepeda jenis ini juga memiliki beberapa tipe sesuai dengan cara penggunanya bersepeda, pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan saat ini.
  • Cek komponen, part dan grupset pada sepeda karena hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih sepeda.

Baca juga Alasan Sepeda Polygon Menjadi Pilihan Tepat untuk Sepeda Gunung

Beberapa tips untuk memilih sepeda gunung diatas tentunya perlu diperhatikan supaya sepeda yang digunakan aman saat digunakan pada kondisi jalan yang tidak bagus dan memberi rasa nyaman pada pengguna. Selain itu juga saat hendak membeli sepeda jenis ini pastikan bertanya kepada orang yang berpengalaman bersepeda saat naik gunung supaya dapat merekomendasikan sepeda yang berkualitas dengan merek yang bagus. Lakukan percobaan langsung terhadap sepeda yang akan dibeli untuk lebih meyakinkan kualitasnya.

Berikut adalah tipe sepeda untuk gunung diantaranya:

  • Sepeda Cross Country (XC), sepeda ini untuk medan yang tidak terlalu berat dan dapat juga digunakan untuk jalan aspal mulus.
  • Sepeda All Mountain (AM), sepeda ini untuk medan berat seperti berbatu dan jalan yang naik turun di gunung serta melewati hutan.
  • Sepeda Freeride (FR), sepeda ini cocok untuk jalan yang memiliki tanjakan yang jauh dan dapat digunakan saat melompat dari ketinggian.

Selain tipe diatas ada juga tipe sepeda Downhill (DH), sepeda ini memiliki kecepatan yang tinggi saat menuruni penurunan dan mengurangi benturan saat melewati jalan berbatu. Ada juga tipe Dirt jump (DJ), sepeda ini dapat digunakan untuk gunung dan sehari-harinya dan digunakan untuk melakukan freestyle. Sepeda gunung tipe apapun yang dipilih tergantung pada kenyamanan dan kebutuhan pengendara sepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *