Tips Aman Membeli Sepeda Ontel Agar Tidak Tertipu

Tips Aman Membeli Sepeda Ontel Agar Tidak Tertipu

Sepeda ontel di Indonesia termasuk salah satu sepeda terlama yang sangat terkenal di masanya. Sepeda yang sekarang lebih sering disebut dengan sepeda kuno ini sudah sangat jarang ditemui di jalanan. Mungkin saat ada komunitas sepeda jenis ini saja, terkadang kita baru bisa melihatnya. Beberapa orang menjadikan sepeda ini sebagai pajangan dari berbagai koleksinya. Sepeda yang walaupun terbilang cukup klasik ini, masih banyak diminati bahkan dicari terutama oleh pecinta barang-barang antik.

Tips Aman Membeli Sepeda Ontel Agar Tidak Tertipu

Untuk membeli sepeda yang satu ini tentu sangat susah untuk mengetahui cara yang pasti, baik dari harganya, masih bagus tidaknya komponen, serta aspek lainnya. Untuk itu, ada beberapa tips membeli sepeda ini agar tidak tertipu, diantaranya yaitu:

  • Memastikan frame sepeda.

Sepeda jenis ini biasanya dahulu sering digunakan untuk mengangkut barang-barang berat , terutama di pedesaan. Karena hal itu biasanya bagian pada frame sepeda mengalami pembengkokan. Untuk itu perlu dicek apakah frame masih center atau tidak. Kita bisa memastikannya dengan cara melihat dari arah roda belakang ke arah bagian depan.

  • Memastikan merk sepeda.

Tak dipungkiri bahwa semakin langka merk sepeda, maka akan menawarkan harga yang tinggi pula. Banyak merk tempelan yang tidak sesuai dengan aslinya untuk mengelabui pembeli. Sehingga terkadang pembeli terkecoh dengan merk yang terkenal padahal sudah dilakukan kecurangan. Untuk itu lebih teliti dalam memastikan merknya. Setiap produsen sepeda mempunyai ciri khusus.

  • Memastikan aksesoris sepeda.

Saat ini banyak dibuat aksesoris sepeda yang palsu. Harga mahal belum tentu mendapatkan yang asli. Untuk itu periksa lebih teliti untuk bagian aksesoris.

  • Mengajak teman atau saudara yang paham tentang sepeda ini.

Mengajak seseorang yang paham tentu akan lebih menguntungkan bagi kita, kita jadi bisa mendapatkan sepeda ontel yang kita inginkan tanpa harus khawatir tertipu.

  • Memastikan cat sepeda.

Banyak sepeda ini yang sudah banyak dimodifikasi sana-sini, termasuk pada cat sepedanya. Lebih baik membeli sepeda yang masih belum dilakukan cat ulang, karena dikhawatirkan ada bagian cacat sepeda yang sengaja ditutupi lewat cat ulang. Dengan membeli yang masih orisinil, nanti sewaktu-waktu jika sudah terbeli kita bisa melakukannya sendiri.

  • Memastikan kelengkapan sepeda.

Untuk kelengkapan sepeda ini sendiri diantaranya ada rantai, jok sepeda hingga gir sepeda. Jadi sebelum membeli dari si penjual pastikan kelengkapannya terlebih dahulu.

  • Memastikan keadaan frame sepeda.

Memastikan keadaan frame bagi orang awam mungkin agak susah. Tapi bisa dicoba cara ini, yaitu dengan memegang dan menyusuri permukaan frame sepeda. Jika ditemukan ada yang kasar, kemungkinan ada yang bekas patah atau las di sambungannya.

Baca Juga Merk Sepeda Onthel Apa yang Ingin Anda Bawa Pulang? Simak Beragam Jenisnya Berikut!

Membeli sepeda ontel tentu memberi kepuasan tersendiri bagi sebagian orang, baik untuk hobi atau memang kepentingan lain. Perlu diketahui bahwa sepeda yang satu ini terbilang cukup tua, sehingga jika siap membelinya, berarti harus siap dengan perawatannya juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *