Komunitas Sepeda Fixie di Indonesia yang Tetap Eksis

Komunitas Sepeda Fixie di Indonesia yang Tetap Eksis

Saat ini komunitas menjadi gaya hidup banyak orang, salah satunya komunitas sepeda. Berbagai komunitas sepeda hadir di kalangan masyarakat, terutama di daerah perkotaan. Komunitas sepeda fixed gear atau yang lebih dikenal dengan nama sepeda fixie terbilang masih sangat eksis di Indonesia saat ini. Berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Tangerang, Semarang terdapat komunitas yang satu ini.

Sebelum mengulas lebih jauh, tentu penasaran bukan apa sepeda ini itu?. Fixie yang diambil dari bahasa Inggris yaitu fixed gear atau gear roda belakang adalah gaya bersepeda secara minimalis dengan bagian sepeda yang tidak memiliki rem, dan pedal yang terus menggelinding selama roda berputar. Menggunakan sepeda yang satu ini termasuk gampang-gampang susah. Untuk mengerem hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan. Untuk komponennya hampir bisa dikombinasikan dengan komponen sepeda balap, hanya lebih terlihat sederhana.

Komunitas Sepeda Fixie di Indonesia yang Tetap Eksis

Kelebihan sepeda fixie, antara lain yaitu:

  • Penampilannya yang lebih sederhana dan trendy,
  • Dapat dipakai untuk berbagai action, seperti sepeda lambat, mundur atau teknik lainnya.
  • Lebih ringan saat dikendarai karena menggunakan ban tipis yang rolling resistant-nya lebih rendah.
  • Lebih minimalis, sebab tidak ada kabel rem, sifter serta group set.
  • Harga untuk spare part yang lebih murah dibandingkan dengan berbagai tipe sepeda-sepeda lainnya.
  • Mudah untuk perawatannya.

Komunitas sepeda ini bisa menjadi ajang sharing sesama pecinta sepeda yang satu ini. Seperti yang kita tahu bahwa butuh teknik dan kecekatan dalam mengendarai sepeda ini yang tanpa rem tangan. Sehingga butuh waktu untuk membiasakan menghentikan laju sepeda menggunakan kaki yaitu pedalnya. Sehingga bagi yang masih awam maupun sudah lama di komunitas bisa saling berbagai ilmu. Selain itu komunitas seperti ini juga lebih positif, karena selain untuk bersosialisasi juga secara tidak langsung memberi contoh pada masyarakat untuk senantiasa berolahraga agar sehat.

Untuk mempererat hubungan antar anggota, biasanya kerap dengan melakukan acara gathering maupun touring dengan mengambil rute-rute yang telah disepakati. Komunitas ini juga menerima berasal dari berbagai kalangan tanpa membeda-bedakan, sehingga muncul keberagaman. Jadi tidak ada spesialisasi khusus untuk bergabung. Hanya yang pasti harus mempunyai hobi yang sama, yaitu bersepeda. Kegiatan solidaritas juga sering dilakukan untuk mengenal satu sama lain anggota.

Baca Juga Inilah Rekomendasi Sepeda Fixie yang Bisa Anda Jadikan Panduan

Kehadiran komunitas sepeda juga layak mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Sampai saat ini komunitas sepeda fixie banyak di tersebar luas di Indonesia. Harapannya semoga komunitas-komunitas seperti ini tidak hanya sekedar ajang berkumpul biasa tapi juga bisa memberikan arah yang positif dalam mendorong kreativitas masyarakat luas, bernilai manfaat lebih serta mempunyai spirit yang mengalir ke semua orang. Jadi kalau hobi bisa memberi manfaat positif seperti komunitas sepeda, kenapa tidak?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *