Tips Memilih Sepeda Anak yang Tepat Agar Tetap Aman dan Nyaman

Tips Memilih Sepeda Anak yang Tepat Agar Tetap Aman dan Nyaman

 

 

Sepeda anak harus benar-benar diperhatikan dalam pemilihannya sehingga anak akan merasa nyaman sekaligus aman. Bersepeda untuk anak akan melatihnya untuk bergerak aktif sambil olahraga dan bermain. Jadi sepeda yang dipilihkan untuk mereka harus benar-benar tepat. Dengan demikian, bermain sepeda yang dilakukan anak akan menyenangkan karena sepeda yang digunakannya cocok dan disukainya.

Berikut adalah tips memilihkan sepeda anak yang tepat:

  1. Ukuran. Dalam memilih sepeda untuk anak, pastikan bahwa ukuran sepeda sesuai dengan tinggi dan berat anak sehingga anak tidak akan kesulitan saat menaikinya. Anak juga akan lebih aman dengan mengendarai sepeda yang pas dengan tinggi dan berat badannya.
  2. Rangka. Rangka sepeda sangat penting diperhatikan dalam menjamin kenyamanan bersepeda anak. Pilih rangka sepeda yang sederhana dan tidak mengganggu posisi anak saat bersepeda. Biasanya rangka yang bagus untuk anak adalah model sepeda dengan ban yang lurus ke belakang.
  3. Rem. Cek terlebih dahulu sepeda yang akan dibeli apakah remnya berfungsi dengan baik karena akan berpengaruh terhadap keselamatan anak nantinya.
  4. Stang. Pilih desain sepeda dengan stang yang pas untuk anak, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Anda dapat mengajak anak Anda ketika membeli sepeda sehingga selain dapat menentukan mana yang disukainya, juga dapat dicoba untuk mengukur posisi stang.
  5. Velg. Pilih ukuran velg yang sesuai dengan usia anak Anda. Bila usianya 2-4 tahun, pilih velg sepeda dengan ukuran 12 atau 13 inci. Untuk anak usia 2-7 tahun ukuran velg yang cocok adalah 16 atau 40 inci. Semakin tinggi usia anak, maka semakin panjang ukuran velg yang cocok. Pilih juga velg yang menggunakan bahan logam campuran dengan alumunium karena bagus ketika dicengkeram oleh rem terutama saat basah.
  6. Pelindung rantai. Agar keamanan anak semakin terjamin, pilih sepeda dengan pelindung rantai sehingga kaki Anak tidak akan beresiko terkena rantai.
  7. Desain dan model. Sesuaikan model sepeda dengan kesukaan anak dan sesuaikan pula sesuai usianya. Masing-masing usia anak memiliki desain sepeda yang berbeda satu sama lain. Warna dan coraknya sesuaikan dengan keinginan anak sehingga ia akan semakin bersemangat mengendarai sepeda barunya.

Baca juga: Cara Mudah untuk Mendapatkan Sepeda Murah yang Berkualitas Bagus

Dengan pemilihan yang tepat, sepeda anak dapat digunakan dengan aman dan nyaman. Bila Anda kurang mengetahui mengenai model yang paling cocok dengan usia Anak Anda, Anda bisa menanyakannya langsung di toko sepeda. Biasanya toko sepeda telah menata sepedanya sesuai dengan usia dan kebutuhan penggunanya. Dengan demikian Anda tinggal memilih sepeda mana yang paling sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Jangan sampai salah pilih hanya karena menyukai modelnya saja, tetapi pertimbangkan pula keamanan dan kenyamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *