Kelebihan dan Kelemahan Sepeda Listrik yang Harus Anda Pertimbangkan

Kelebihan dan Kelemahan Sepeda Listrik yang Harus Anda Pertimbangkan

 

 

Perkembangan sepeda yang semakin canggih membuat berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Salah satu sepeda yang telah terpengaruh oleh kecanggihan teknologi adalah sepeda listrik. Sepeda satu ini menggunakan listrik sebagai daya penggeraknya sehingga tidak akan kelelahan mengayuh saat menggunakan sepeda ini. Sepeda ini memiliki banyak keunggulan sehingga banyak digunakan oleh masyarakat. akan tetapi sepeda ini juga memiliki beberapa kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih jenis sepeda ini.

Berikut adalah kelebihan dan kelemahan sepeda listrik yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan:

Kelebihan:

  1. Alternatif daya gerak. Bila Anda lelah mengayuh sepeda Anda, sepeda tetap bisa berjalan karena ada alternatif daya berupa listrik. Jadi perjalanan Anda tetap berjalan lancar tanpa harus berhenti untuk beristirahat terlebih dahulu.
  2. Efektif. Terutama untuk kegiatan berkendara jarak dekat, sepeda ini sangat berguna. Apalagi saat melewati tanjakan yang biasanya membutuhkan tenaga ekstra bila menggunakan sepeda kayuhan biasa. Dengan menggunakan sepeda ini, pemakai tidak akan kelelahan bila melewati jalanan yang menanjak.
  3. Ramah lingkungan. Dengan daya listrik yang digunakan, maka sepeda ini tidak menghasilkan asap penyebab polusi. Jadi dengan menggunakan sepeda tetap bisa menjaga udara tetap segar.
  4. Perawatan mudah dan murah. Perawatan sepeda ini lebih mudah dan murah dibandingkan dengan sepeda motor. Selain itu siapa saja bisa memiliki sepeda ini tanpa harus memikirkan pajak dan kepemilikan surat izin berkendara. Kecepatannya yang hanya 30-40 km/jam memungkinkannya untuk tidak diwajibkan memiliki surat izin pengendara sebagaimana pada kendaraan bermotor.

Kelemahan:

  1. Lebih mahal lebih baik. Bila Anda ingin kualitas sepeda yang bagus, maka Anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak. Komponen utama penggerak sepeda ini adalah aki yang digunakan. Bila Anda menggunakan merk aki yang mahal, kualitas yang akan Anda peroleh pun semakin baik.
  2. Rutin men-charge. Dalam sekali charge sepeda ini dapat menempuh jarak antara 40-50 km, sehingga harus rutin mencharger agar bisa tetap difungsikan dengan maksimal.
  3. Tidak semua daerah mengizinkan sepeda ini untuk beroperasi. Meski siapa saja bisa memiliki sepeda ini, tetapi untuk mengemudikannya tidak sesuai daerah memperbolehkannya. Jadi bila Anda ingin memiliki sepeda ini pastikan bahwa daerah Anda mengizinkannya sehingga Anda bebas pergi kemanapun dengan sepeda ini.

Dengan dua pertimbangan tersebut Anda dapat menentukan apakah akan membeli sepeda listrik atau tidak. Apabila keuntungan yang diperoleh lebih banyak dibandingkan kelemahannya, Anda bisa membelinya agar aktivitas Anda akan lebih lancar. Sebaliknya bila kekurangannya lebih banyak akan Anda dapatkan, sebaiknya urungkan niat membeli sepeda ini. Jadi meski sedang tren sepeda ini bukan berarti Anda harus ikut membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *