Ini Dia Ciri Khas Sepeda BMX yang Wajib Anda Ketahui

Ini Dia Ciri Khas Sepeda BMX yang Wajib Anda Ketahui

 

 

Bagi Anda pecinta sepeda pastinya sudah tidak asing dengan jenis sepeda BMX. Sepeda yang telah dikenal di Indonesia sejak tahun 90-an ini merupakan hasil tiruan motorcross yang digunakan untuk balapan dan melakukan lompatan. Sepeda ini dibuat khusus untuk olahraga sepeda sebagai kompetisi atau melakukan trik-trik olahraga sepeda. Sepeda pada umumnya terbagi menjadi tiga yaitu freestyle, BMX dan sepeda lompat. BMX sendiri merupakan jenis sepeda freestyle yang terdiri dari tiga kelas, yaitu BMX Street, BMX Flatland dan BMX Cross. BMX Street digunakan untuk meloncat-loncat menggunakan obstacle. Adapun BMX Flatland dipakai menggunakan sepeda satu seperti halnya di sirkus-sirkus. Untuk BMX Cross digunakan dalam arena balapan.

Ciri-ciri sepeda BMX memiliki desain yang hampir sama dengan sepeda lainnya, dua roda, stang dan tempat duduk. Akan tetapi sepeda ini memiliki kekhasannya yang membedakan dengan jenis sepeda lainnya. Berikut adalah ciri khas sepeda ini:

  1. Kerangka sepeda ini dibuat menggunakan bahan alumunium yang tidak mudah berkarat dan lebih ekonomis. Meski lebih berat, sepeda ini sangat bagus kualitasnya dan cocok digunakan siapa saja untuk berbagai kegiatan. Ukuran sepeda ini tersedia dalam berbagai macam sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
  2. Bagian pasak yang lebih besar memungkinkan sepeda ini aman digunakan oleh para profesional olahraga sepeda. Anda yang menggunakannya untuk kegiatan santai pun dapat merasakan manfaat tersebut.
  3. Dapat dirangkai sendiri. Bila Anda pecinta sepeda yang ingin merasakan kepuasan dalam merangkai sepeda, Anda dapat membeli sepeda ini sendiri. Akan tetapi biasanya harganya lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda yang langsung jadi.
  4. Kerangka pada sepeda ini seperti ban dan stang terlihat lebih menonjol karena memang difungsikan untuk kegiatan olahraga sepeda.

Baca juga: Trik Jitu Memilih Sepeda BMX Asli Agar Tidak Tertipu

Bagi Anda yang mencintai olahraga sepeda, maka Anda dapat memperoleh manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga ini secara rutin. Manfaat kesehatan dan ketahanan tubuh terutama kaki dan tangan dapat Anda rasakan. Bagian tubuh tersebut sebagai penggerak utama sepeda dapat lebih kuat dengan memainkan olahraga satu ini. Kekebalan tubuh Anda juga meningkat dengan melakukan olahraga ini karena tubuh Anda bergerak aktif. Anda juga bisa melakukan diet dengan olahraga ini karena dapat membakar banyak kalori dalam tubuh.

Dengan ciri khas yang dimiliki sepeda BMX tersebut Anda bisa memilih jenis sepeda tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda adalah seorang profesional, maka pilih sepeda asli yang benar-benar berkualitas. Sedangkan bila hanya difungsikan untuk kegiatan santai seperti bersepeda, Anda dapat memiliki sepeda dengan tipe yang standar dan juga tetap berkualitas. Dengan pemilihan sepeda yang berkualitas, selain tahan lama juga akan memperoleh keamanan sekaligus kenyamanan saat mengendarainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *