Ini Dia Cara Tepat Memilih Sepeda Gunung yang Bagus Sesuai Fungsinya

 

 

Sepeda gunung merupakan jenis sepeda yang digunakan untuk olahraga sepeda ekstrim. Dalam pemilihan sepeda ini tidak dapat main-main. Harus benar-benar diperhatikan fitur dan fungsinya dengan benar. Apabila salah memilih, resiko yang ditimbulkannya dapat bermacam-macam. Mulai dari sepeda yang patah hingga kaki sendiri dapat patah bila salah memilih jenis sepeda ini untuk digunakan.

Baca juga: Tips dan Trik Mengendarai Sepeda Gunung

Cara yang tepat untuk memilih sepeda gunung yang baik sesuai fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan bentuk sepeda yang akan Anda beli. Anda dapat memilih sepeda ini dalam bentuk jadi atau rakitan. Kedua bentuk tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Bagi Anda pemula yang belum terlalu mengerti mengenai komponen-komponen sepeda, ada baiknya Anda membeli sepeda ini dalam bentuk jadi. Anda akan lebih mudah karena hanya perlu datang ke toko sepeda, memilih sepeda jadi yang Anda inginkan, membayarnya dan langsung memakainya. Anda tidak perlu repot-repot untuk merakitnya sendiri. Tetapi bagi Anda yang paham betul mengenai komponen sepeda ini lebih baik Anda membeli sepeda ini dalam bentuk rakitan. Anda dapat merakit sepeda sesuai dengan selera dan gaya Anda. Anda juga akan memperoleh kepuasan tersendiri dengan menggunakan sepeda hasil rakitan sendiri. Harga yang ditetapkan untuk sepeda rakitan ini memang lebih mahal dibandingkan dengan sepeda jadi, tetapi bukan masalah bagi Anda yang ingin memperoleh kepuasan dari merakit sepeda.
  • Sesuaikan dengan kemampuan bersepeda. Sepeda jenis ini didesain sesuai dengan tingkat kesulitan olahraga bersepeda. Bagi para pemula sebaiknya menggunakan sepeda jenis ini dengan suspensi depan atau hard tail. Hal tersebut agar para pemula dapat membiasakan diri dengan sepeda dengan kayuhan yang ringan, efisien dan mudah dalam pengendaliannya. Selain itu sepeda ini juga lebih mudah dalam perawatannya sehingga bagi pemula tidak akan merasa keberatan dalam merawat sepedanya. Bagi profesional, dapat menggunakan sepeda dengan suspensi depan belakang yang dikenal dengan fulfus.
  • Tentukan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Lagi-lagi anggaran menjadi satu hal utama yang menjadi bahan pertimbangan untuk membeli sepeda. Jangan mudah terpengaruh oleh sepeda dengan harga yang mahal tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. tetapi jangan pula tergiur dengan harga yang murah. Yang terpenting adalah sesuaikan kebutuhan, kualitas dan anggaran yang dimiliki.

Dalam membeli sepeda gunung yang Anda butuhkan sebaiknya kenali dengan baik sepeda mana yang paling cocok untuk Anda gunakan. Bagi Anda yang masih pemula dan pertama kali membeli sepeda ini disarankan untuk membeli sepeda berjenis cross country sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika menggunakan sepeda freeride maupun downhill. Anda dapat meminta saran kepada profesional dalam olahraga sepeda sehingga Anda tidak akan salah memilih sepeda yang Anda beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *