Home Sepeda dan Jenisnya Ini Dia Ciri-ciri BMX Asli yang Sebaiknya Anda Perhatikan Ketika Membeli

Ini Dia Ciri-ciri BMX Asli yang Sebaiknya Anda Perhatikan Ketika Membeli

by Andy Cruz

Setiap barang yang memiliki harga yang mahal biasanya memiliki barang tiruannya. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mampu membeli barang yang mempunyai harga yang tinggi, untuk itulah dibuat barang tiruannya agar semua orang bisa merasakan mempunyai barang bermerek tersebut. Namun, yang namanya tiruan, tentunya tidak memiliki kualitas yang sama seperti yang asli. Untuk itu, sebelum membeli sebuah barang bermerek atau harganya mahal, cek terlebih dahulu apakah barang tersebut asli atau palsu. Hal ini juga berlaku untuk sepeda BMX asli yang dikenal dengan harga yang lumayan mahal dan saat ini banyak sekali barang tiruannya. Untuk mengetahui apakah sepeda yang Anda miliki atau yang akan dibeli asli atau palsu, Anda bisa mengeceknya dengan melakukan hal dibawah ini:

  • Cek Headtubenya

Cara pertama yang bisa Anda gunakan sebagai panutan untuk menentukan apakah sepeda Anda asli atau palsu adalah dengan mengecek headtube-nya. Biasanya, yang barang tiruan pada framenya terdapat sebuah lekukan yang modelnya tidak halus. Sedangkan pada benda aslinya, headtube yang ada pada framenya terlihat lebih halus dan juga tidak kaku. Lekukan pada yang palsu terlihat lebih condong keluar dan juga lekukannya lebih dalam. Memang tidak terlalu mudah untuk melihat apakah asli atau palsu dengan hal ini, namun Anda bisa mengeceknya dengan beberapa cara yang lain.

  • Logo

Setiap produk tiruan, pastinya tidak memiliki kemiripan 100% dengan yang asli. Pastinya akan ada perbedaannya, terutama di bagian logo dari merek tersebut. Biasanya, jika produk tiruan memiliki model logo atau percetakannya dengan menggunakan kualitas yang tidak terlalu bagus. Biasanya, yang palsu, logonya tercetak dengan sangat buram dan juga tipis. Sedangkan pada BMX asli, logo yang tercetak lebih jelas dan juga tegas. Terkadang, yang palsu pun memiliki logo dengan warna yang berbeda dengan aslinya, seperti jika logo asli berwarna hitam, maka yang palsu warnanya adalah abu-abu.

  • Seatstay
Baca Juga:  Mengenal Komponen Sepeda Fixie yang Membuat Sepeda Ini Menjadi Unik

Bagian yang bisa Anda cek untuk memastikan apakah sepeda milik Anda asli atau palsu adalah dengan memeriksa bagian seatstay dimana merupakan besi penopang antara bangku sepeda dengan rodanya. Pada barang yang palsu, bagian alumunium yang di las hanyalah di bagian belakang dari seatstay tersebut. Sedangkan untuk yang asli, bagian yang di las adalah bagian depannya. Jadi, untuk melihat apakah sepeda Anda asli atau palsu, lihatlah pada hasil lasan seatstay.

  • Seat Clamp dan Kabel

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah BMX asli atau palsu yang Anda punya adalah dengan melihat seat clamp dan kabelnya. Pada yang palsu, seat clamp tidak memiliki lubang, sedangkan yang asli memiliki lubang. Sedangkan kabelnya, pada tiruannya menonjol sedangkan yang asli tidak diletakkan di bawah seat stay.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More