Ini Dia Jenis Sepeda Ontel yang Saat Ini Masih Menjadi Favorit Masyarakat Indonesia

Sepeda ontel atau yang kerap disapa dengan nama sepeda unta, merupakan jenis sepeda yang sudah ada sejak zaman penjajahan di Indonesia dan sampai sekarang sepeda jenis ini masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Sepeda ini begitu dicintai di Tanah Air karena memiliki tempat duduk yang sangat khas, yaitu tegak dan kuat, serta memiliki kualitas yang sangat bagus. Selain itu, sepeda ini dilengkapi dengan rem drum yang berguna untuk membantu pengereman saat sepeda melaju dan giginya tidak bisa diubah-ubah lagi. Tidak hanya di Indonesia, sepeda jenis ini nyatanya juga masih populer sampai sekarang di berbagai negara. Sepeda ini pun mempunyai beberapa jenis yang menarik, berikut ini adalah jenis-jenisnya: 

  • Magnet

Jenis sepeda yang satu ini berasal dari negara Swedia dan memiliki keunikan yang sungguh menarik. Sepeda ini mempunyai bracket yang terletak pada keni yang ada dibawahnya dan bracket magnet ini menggunakan sebuah tutupan polos. Bentuk dari sepeda ini cukup unik dan pada zaman dulu, sepeda ini tidak banyak pemiliknya. Hanya orang tertentu yang memakainya, seperti para pengangkut cargo. Namun nyatanya, sepeda ini menjadi populer beberapa tahun belakangan ini karena dinilai sangat klasik. 

  • Veeno

Jenis sepeda ontel Veeno ini memiliki umur yang sangat tua sekali. Sepeda ini sudah dipakai sejak tahun 1908, namun peminatnya sampai saat ini tetap banyak. Pada zaman dulu, sepeda ini sudah menorehkan banyak sejarah dan sangat berkaitan erat dengan negara Belanda. Di negara asalnya tersebut, sepeda ini juga sangat diminati bahkan hingga sekarang karena mampu memberikan kesan klasik yang sangat baik. Dulu, sepeda ini awalnya diciptakan di sebuah gudang bengkel yang tidak layak, namun sekarang sudah berkembang dengan sangat baik. 

  • Gazelle

Jenis sepeda yang satu ini ternyata mempunyai umur yang lebih tua dari pada Veeno. Sepeda ini sudah digunakan sejak tahun 1902 dan diciptakan oleh Williem Kolling dan sekaligus menjadi orang pertama yang menjualnya dan memperkenalkan sepeda tersebut ke pasar. Tadinya, ia berniat untuk mengembangkannya menjadi sepeda motor, namun ternyata sepeda jenis ini lebih cocok sebagai sebuah sepeda saja. Tingkat penjualan sepeda ini yang paling fantastis adalah ketika perang dunia ke-2. Hal ini terus berlanjut sampai dengan sekarang dan dinilai sangat memiliki nilai klasik. 

  • Simplex

Ada yang lebih tua lagi, sepeda ontel ini sudah diciptakan sejak tahun 1887 dan sepeda jenis ini juga sangat terkenal dan populer pada masa tersebut. Jenis sepeda ini diproduksi oleh sebuah perusahaan bernama Simplex Automatic Machine Company dan menjadikannya merek mereka. Perusahaan tersebut sudah berproduksi selama 130 tahun bertempatkan di Utrecht. Lalu, selang beberapa waktu, perusahaan tersebut pindah ke Amsterdam. Saat pindah tempat, popularitasnya menjadi meningkat sampai sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *