Mengenal Komponen Sepeda Fixie yang Membuat Sepeda Ini Menjadi Unik

Sepeda memang sebuah alat transportasi yang ramah lingkungan dan juga sering dijadikan sebagai salah satu kegiatan olahraga untuk bisa membuat badan seseorang tetap sehat dan bugar. Sepeda sendiri mempunyai banyak jenis dan model yang selalu mengikuti zaman serta membuat masyarakat lebih tertarik untuk menggunakannya. Salah satu model yang pernah populer sekali di Indonesia beberapa waktu lalu adalah sepeda Fixie. Jenis ini sangat diminati karena memiliki desain yang antimainstream dan tersedia dalam berbagai warna yang sangat menarik dan juga terkesan segar. Tidak heran jika sepeda ini diminati masyarakat Indonesia dari para anak-anak sampai dengan orang dewasa memakainya ketika berolahraga. Bagian-bagian dari sepeda ini yang membuatnya menjadi suatu produk yang unik antara lain sebagai berikut:

  • Rem

Sepeda yang pernah menjadi sebuah tren besar di Indonesia ini memiliki ciri khas yang pastinya berbeda dengan jenis sepeda lainnya. Salah satunya adalah di bagian remnya. Sepeda ini dikenal dengan tidak memiliki rem tangan. Jadi untuk mengerem laju sepeda, bisa menggunakan pedal sepeda dengan menahan atau mendorong pedal ke belakang. Memang bagi Anda yang sering memakai sepeda jenis biasa ketika menggunakan sepeda ini akan merasa kagok dan kaku karena sistem pengeremannya yang berbeda. Namun dari sinilah keunikan yang paling menonjol pada sepeda ini.

  • Frame

Keistimewaan lain dalam sepeda Fixie ini adalah dibagian framenya. Memang kelihatannya semua sepeda memiliki frame yang hampir mirip satu sama lain. Namun nyatanya, jika Anda akan memodifikasinya untuk bisa dijadikan seperti sepeda ini tidak semudah itu. Ada bagian yang harus diperhatikan, yaitu dropout-nya yang merupakan sebuah komponen yang untuk ditempatkan fixed gear. Biasanya, yang berbentuk horizontal lah yang mampu untuk dijadikan sepeda jenis ini.

  • Velg dan Ban

Keistimewaan dari sepeda ini yang paling jelas dan menjadi ciri khasnya adalah dibagian velg serta bannya. Ukuran ban dan velg sepeda ini biasanya berukuran tipis, yaitu sekitar 700c. yang menjadi daya tariknya selain memiliki ukuran yang tipis adalah ketersediannya dalam berbagai warna yang menarik perhatian dan juga membuatnya menjadi lebih cantik. Jika ban biasa berwarna hitam, untuk sepeda ini ban yang tersedia berwarna-warni sampai ke bagian velgnya pun juga sama. Kebanyakan dari warnanya adalah warna cerah dan menjadi identitas bagi sepeda jenis tersebut.

  • Crank

Bagian atau komponen dari sepeda Fixie yang menarik adalah bagan cranknya dimana digunakan untuk menyatukan tangkai pedal dari sepeda tersebut. Keistimewaannya terletak pada banyaknya runcingan yang berbeda dalam setiap serinya. Jika semakin besar, maka runcingnya juga akan semakin banyak. Jika runcingnya banyak, maka kayuhan yang dibutuhkan agar sepeda bisa berjalan lebih sedikit. Untuk sepeda jenis ini, yang biasa digunakan berjumlah 40, 48 atau 56 runcingan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *