Inilah Perbedaan Sepeda Lipat yang Harganya Berbeda Jauh dengan Sepeda Lainnya

 

 

Harga yang murah memang menjadi daya tarik tersendiri untuk suatu barang yang dijual agar barang tersebut lebih banyak peminatnya dan cepat laku dan habisnya. Tidak terkecuali dalam membeli sepeda lipat yang harganya cukup mahal. Jika jenis sepeda ini dijual dengan harga murah, tentu akan menarik perhatian masyarakat Indonesia. Namun, harga yang murah belum tentu memiliki kualitas seperti yang berharga mahal. Yang mahal biasanya dikenal dengan kualitasnya serta memiliki garansi. Apa lagi yang mereknya sudah terkenal dan mendunia. Meski secara kasat mata kedua jenis tersebut tidak terlalu berbeda, tapi jika diteliti kembali maka ada banyak perbedaannya, inilah perbedaan-perbedaannya:

  • Bahan Meterial

Dari harganya saja sudah berbeda, berarti bahan yang digunakan untuk pembuatan masing-masing sepeda tersebut pasti berbeda juga. Untuk sepeda yang harganya relatif murah, mereka menggunakan bahan besi dan alumunium saja yang memiliki kualitas tidak terlalu bagus. Sedangkan yang mahal, biasanya terbuat dari Chromoly dan dipadukan dengan besi dan juga alumunium berkualitas tinggi. Selain itu, teknik pembuatannya juga sangat unik, dimana bagian tengah kerangka sepeda lebih tipis. Sepeda yang harganya mahal dan terbuat dari bahan alumunium butted biasanya memiliki kekuatan yang sangat baik sedangkan untuk berat sepeda itu sendiri sangat ringan.

  • Sistem Kemudi

Bagian ini menjadi hal yang paling harus diperhatikan karena dapat menyangkut keselamatan Anda saat mengemudikannya. Biasanya pada sepeda lipat yang harganya murah, sistem pengunci pada tiang stangnya juga harganya murah, jadi sering kali ketika digunakan akan terasa kaku dan juga sedikit goyang sehingga memberikan rasa kurang nyaman untuk penggunanya. Sedangkan pada yang harganya mahal, desainnya dibuat agar tidak kaku dan juga bisa digunakan dengan baik, jadi penggunanya pun akan lebih nyaman. Jenis ini akan terasa goyang jika stang tersebut kurang kencang atau sistem pengunciannya sudah tidak baik lagi.

  • Rangka

Beda harga maka rangkanya juga berbeda. Pada yang murah, mereka menggunakan memakai sistem pengunci biasa dan tidak inovatif. Serta saat dilipat, maka bagian sepeda yang bersentuhan memiliki konstruksi yang kurang rapi. Sepeda yang harganya mahal biasanya sebelum diluncurkan diadakan tes terlebih dahulu untuk melihat kekuatan dan reabilitasya. Sepeda ini menggunakan sambungan lipatan yang didesain dengan baik dan sifatnya sangat presisi. Saat dilipat pun akan lebih mudah dan teratur sehingga mudah untuk dibawa karena masih bisa didorong atau tarik, jadi Anda tidak perlu repot menentengnya.

  • Penunjang

Sepeda lipat yang dengan harga murah dan juga mahal mempunyai perbedaan yang sangat jelas pada komponen penunjangnya. Komponen tersebut seperti transmisi, velg dan ban, rem, pengunci, dan lain sebagainya. Tentu saja yang harganya mahal pasti menggunakan komponen dengan kualitas yang sangat baik. Memang harganya terbilang mahal, namun kualitasnya tidak ada duanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *