Jenis-Jenis Suspensi Sepeda Gunung

Sepeda gunung dibuat untuk digunakan di medan medan ekstrim seperti bebatuan terjal, turunan dan tanjakan curam, pasir, tanah, dan air. Maka dari itu, setiap komponenya harus sangat diperhatikan demi kenyamanan penggunaan dan meminimalisir kecelakaan.

Salah satu fitur terpenting dalam sepeda gunung adalah suspensi. Suspensi merupakan komponen utama dalam menentukan kenyamanan berkendara. Maka dari itu, jika Anda hendak berkendara menggunakan sepeda gunung, maka Anda wajib memahami jenis jenis suspensi sepeda MTB. Jenis jenis suspensi sepeda MTB diantaranya :

Rigid Suspension

Jenis suspensi ini dikenal juga dengan sebutan suspensi kaku. Suspensi jenis ini sangat tidak nyaman digunakan di medan berbatu dan bergelombang. Jika Anda memaksakan menggunakan suspensi jenis ini di medan berbatu dan bergelombang, maka lengan, kaki dan lengan Anda akan sangat mudah sekali merasakan lelah dan pegal. Mengapa demikian? Karena Rigid suspension memiliki kemampuan menyerap getaran yang rendah.

Hardtail Suspension

Hardtail merupakan tipe suspensi yang menekankan pada kontrol stang kemudi. Penggunaan hardtail suspension difungsikan untuk para pengemudi yang ingin mendapatkan kontrol lebih atas stang kemudinya.

Letak suspensi tipe hardtail hanya terletak pada penyokong ban depan dan bagian belakang tidak dipasang suspensi.

Hardtail sangat membantu mengurangi rasa pegal pada tangan dan pengalaman kontrol lebih pada stang kemudi.

Full suspension

Suspensi tipe ini memiliki shock breaker di bagian penyangga ban depan dan dibawah jok. Suspensi tipe ini merupakan suspensi ternyaman dibanding dengan kedua suspensi diatas.

Jika penggunaan sepeda gunung Anda lebih ke medan yang ekstrim seperti bebatuan dan gelombang, suspensi ini sangat disarankan untuk digunakan.

Full suspension sangat membantu dalam meredam getaran, menambah kontol pada sepeda anda sehingga mengendarai sepeda menjadi lebih stabil.

Itulah jenis jenis suspensi sepeda gunung yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat, pemilihan suspensi lebih baik disesuaikan dengan medan yang hendak Anda taklukan. Seperti medan berbatu, terjal dan bergelombang, maka full suspension lah pilihan yang paling cocok. Namun jika medan datar seperti pasir dan salju, akan lebih nyaman menggunakan suspensi tipe rigid supaya tidak menambah gerakan yang tidak perlu supaya Anda tidak terjebak dalam rintangan dan mudah melewatinya.

Kesalahan memilih tipe suspensi hanya akan membuat Anda kesulitan menaklukan medan rintangan di di depan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *