Jenis Jenis Sepeda Gunung yang Perlu Anda Pahami

Membeli sepeda gunung akan menjadi keputusan yang paling tepat bila Anda hobi olahraga ekstrim. Selain itu, rute perjalanan yang anda lalui setiap hari berjenis bebatuan dan terjal pun dapat menjadi alasan yang tepat Anda membeli sepeda gunung.

Namun kami sarankan agar mempertimbangkan terlebih dahulu sepeda gunung seperti apa yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena perlu diketahui ternyata banyak jenis jenis sepeda gunung yang pasti setiap jenis tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing.

Berikut jenis jenis sepeda gunugn yang perlu Anda pahami.

 

  • All-Mountain Bikes

 

Sepeda gunung jenis All – Mountain Bikes di desain supaya bisa digunakan di medan apapun. Entah itu curam atau menanjak, halus atau berbatu, licin ataupun terjal.

Sepeda ini memiliki ban dengan ukuran yang sedang, 40-170mm suspensi travel; Sudut tabung 65-68 °. Selain itu suspensi yang tidak terlalu empuk ataupun tidak terlalu keras menjadi fitur yang nyaman digunakan dalam semua kondisi medan. Sistem transmisi dengan jumlah banyak pun memudahkan para pengendara melalui rute yang menanjak ataupun menurun.

 

  • Fat Bikes

 

Dinamakan Fat Bikes karena ukuran ban nya yang cenderung besar dari rata rata sepeda normal. Oversize  ban nya pun mencapai 3,7 in to 5+ in.

Dengan oversize ban yang begitu besar. Sepeda gunung jenis ini sangat cocok digunakan di medan yang berpasir dan bersalju. Besarnya ukuran ban dapat menetralisir terjadinya slip sehingga pengalaman berkendara sangat menyenangkan.

Fat bikes tidak cocok digunakan di medan berbatu dan menanjak karena akan menambah beban berat pengendara.

 

  • Cross-Country Bikes

 

Sepeda gunung jenis Cross – Country Bikes berfokus pada efisiensi dan bobot rendah. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kecepatan dan kelincahan sepeda.

Kerangka dan komponen sepeda gunung jenis ini memiliki masa yang ringan. Hal tersebut dikarenakan pemilihan bahan kerangka dari carbon dan alumunium supaya dapat mengurangi beban berat sepeda.

Sepeda jenis ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh dan mendaki gunung dengan rute aspal dan landai.

 

  • Trail Bikes

 

Jenis ini merupakan jenis sepeda gunung paling umum dari seluruh jenis sepeda gunung yang telah dipaparkan diatas. Sepeda ini biasanya digunakan oleh para pemula yang masih baru mengenal dunia mountain bike.

Kelebihan dari trail bikes adalah semua komponenya di desain normal sehingga dapat digunakan di seluruh medan dan keadaan rute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *