Tips Merawat Sepeda Antik yang Sudah Tua Agar Tetap Bagus

Ketika membeli sebuah kendaraan, masalah merek dan harga tidak hanya menjadi perhatian yang akan diperhatikan. Tetapi juga ada beberapa orang yang memilih sepeda dengan bentuk dan desain yang menarik. Misalnya saja banyak orang yang mempunyai komunitas sepeda antik yang akan memilih untuk membeli sepeda tua sebagai pilihannya. Oleh karena itulah sepeda tua juga mempunyai peminat sendiri di pasaran. Ketika mempunyai sepeda tua ini, tentu saja pemiliknya harus melakukan perawatan yang terbaik untuk tetap menjaga sepedanya dapat awet dan digunakan dengan baik. Dimana beberapa tips merawat sepeda tua yang terbaik adalah sebagai berikut ini.

  • Mengoleskan pelumas dengan teratur

Tips pertama untuk merawat sepeda tua adalah dengan mengolesi pelumas secara rutin pada sepeda. Sepeda tua seperti sepeda onthel tentunya mempunyai umur yang sudah tua sehingga harus dirawat dengan rajin untuk menghindari kerusakan yang akan membuat sepeda tidak bisa digunakan lagi. Salah satu caranya adalah dengan mengolesi pelumas pada sepeda tua yang Anda punyai. Oleskan pelumas pada sepeda dengan teratur dengan maksud untuk mencegah sepeda mengalami korosi karena bahannya yang memang sudah tua. Oleskan pelumas tersebut pada bagian terpenting seperti pada rantai, jeruji, rangka, dan juga gear. Sehingga dapat untuk menghindari korosi dan juga komponen sepeda yang dapat macet.

  • Memeriksa kondisi rem

Tips perawatan sepeda antik selanjutnya yang bisa dipilih adalah dari kondisi remnya dan pastikan selalu bisa digunakan. Anda bisa untuk melakukan pemeriksaan rem tersebut sebelum akan digunakan sehingga dapat berfungsi dengan baik. Apabila rem mengalami masalah seperti tidak cakram lagi maka bisa untuk diperbaiki atau bisa untuk diganti sehingga dapat memberikan fungsi yang maksimal apabila digunakan.

  • Tidak perlu untuk menghapus karat

Tips merawat sepeda tua yang benar adalah dengan tidak menghapus karat pada sepeda yang sudah berkarat. Hal tersebut karena dapat untuk mengurangi ketebalan bahan sepeda sehingga bisa membuatnya menipis dan juga membuatnya keropos. Oleh karena itulah daripada menghapusnya secara manual Anda dapat menghilangkan karat pada sepeda tua menggunakan amplas halus. Setelah itu bisa untuk memberikan semir atau cat pada bagian yang telah di amplas pada sepeda tua tersebut.

  • Mencuci dengan benar

Dan tahap perawatan terakhir yang bisa digunakan pada sepeda tua adalah dengan mencuci dengan benar. Untuk cara pencucian sepeda antik dengan benar ini dapat dilakukan dengan cara seperti biasanya. Yaitu membersihkan sepeda dengan air apabila membersihkan debu dan noda pada sepeda. Untuk bahan yang digunakan untuk mencuci sepeda tersebut dapat menggunakan shampo sepeda motor sehingga mendapatkan hasil yang mengkilat. Selain itu untuk menjangkau bagian yang susah dijangkau bisa untuk menggunakan sikat gigi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *