Tips dan Trik Merawat Sepeda Bekas Supaya Tampak Seperti Baru Lagi

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama para pria dewasa. Untuk melakukan olahraga tersebut setiap orang tidak hanya memerlukan kondisi fisik secara sehat tetapi juga harus memiliki sepeda, tidak perlu yang baru karena sepeda bekas dengan kondisi baik pun bisa digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut. Beragam jenis sepeda bisa Anda manfaatkan mulai dari sepeda sport, hybrid, lipat, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa menggunakan sesuai dengan selera, karena masing-masing sepeda mempunyai spesifik yang berbeda.

Usia tua pada sepeda yang Anda gunakan bukan menjadi masalah dalam melakukan olahraga sepeda. Apalagi jika Anda bisa merawat sepeda tersebut dengan baik tentu bisa terlihat seperti layaknya sepeda baru lagi. Nah, berikut ini beberapa tips merawat sepeda yang dapat Anda lakukan yaitu:

Baca juga: Tips Menjual Sepeda Bekas

  • Cuci secara rutin.

Sepeda juga merupakan salah satu alat transportasi yang harus selalu dibersihkan, salah satunya dengan mencuci. Anda bisa melakukannya secara rutin, misalnya setiap hari atau hanya satu minggu sekali. Sebelum mencuci lebih baik lepaskan terlebih dahulu beberapa aksesoris yang ada pada sepeda seperti lampu, bel atau lainnya.

  • Perhatikan bagian rantai.

Kedua Anda saat mencuci juga perlu memperhatikan setiap komponen yang ada, beberapa masalah pada sepeda bekas itu muncul pada bagian rantai. Nah, Anda bisa menggunakan lap basah dengan sabun lalu putar pada posisi lap yang menempel rantai. Dengan demikian kotoran-kotoran yang menempel pada rantai akan rontok satu persatu.

  • Bagian gir, pedal dan penggerak.

Selanjutnya juga pada bagian gir, pedal dan penggerak-penggerak sepeda, Anda bisa menggunakan sikat halus seperti sikat gigi yang diberi air sabun. Utamakan pada bagian tersembunyi karena banyak kotoran yang menempel pada bagian tersebut, apalagi itu merupakan sepeda yang sudah mempunyai umur lama.

  • Bagian roda sepeda.

Dan yang tidak boleh lupa lagi adalah bagian roda, khususnya pada bagian jari-jari dan cakram roda. Pastikan semuanya masih dalam kondisi layak digunakan untuk melakukan olahraga baik dalam jarak pendek ataupun jarak jauh.

  • Alat pengereman.

Tidak lupa juga pada bagian pengereman, misalnya sudah aus pastinya pengereman tidak dapat berfungsi secara normal. Anda bisa mengganti bagian kampas rem, dan tidak lupa juga untuk mengecek pada bagian kabel sepeda dan juga minyak rem.

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat sepeda yang sudah berumur lama mempunyai performa yang masih baik. Setiap komponen pada sepeda mempunyai fungsi dan keterkaitan satu dengan lainnya. Jika Anda sudah tepat merawat sepeda bekas tersebut, bukan tidak mungkin kondisi sepeda seperti layaknya baru lagi. Baik dari penampilan ataupun performa saat digunakan di jalanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *