Tips Sederhana Menentukan Sepeda Downhill yang Tepat untuk Pemula

Di Indonesia banyak sekali jenis olahraga sepeda yang sering dilakukan oleh masyarakat, salah satunya adalah bersepeda dengan melalui beberapa turunan gunung atau bukit. Nah, untuk melakukan kegiatan itu pastinya setiap orang membutuhkan sepeda gunung yang tepat. Dan sepeda downhill merupakan jenis yang paling banyak digunakan. Dipasaran sendiri dijual dengan berbagai tipe dan juga macam, dari mulai harga yang murah sampai dengan sepeda yang mahal sekalipun. Tetapi untuk membeli Anda tidak bisa sembarangan, harus memperhatikan berbagai hal dari sepeda tersebut salah satunya adalah kualitas.

Bagi Anda yang menginginkan untuk melakukan olahraga sepeda gunung, berikut ini ada beberapa tips untuk pemula dalam membeli sepeda yang tepat yaitu:

  • Pahami setiap jenis sepeda.

Yang pertama adalah Anda harus memahami terlebih dahulu setiap jenis sepeda yang digunakan untuk bersepeda di gunung. Apalagi Anda sebagai pemula yang belum mengetahui secara pasti apa saja yang diperlukan untuk pertama kali. Misalnya dari spesifikasi sepeda, kualitas, kegunaan, sampai dengan harga yang ditawarkan.

  • Persiapkan anggaran.

Dan yang kedua yaitu perhatikan anggaran yang diperlukan, seperti yang telah dikatakan diatas bahwa setiap jenis sepeda mempunyai harga yang berbeda-beda. Mulai dari jutaan rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah, bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan.

  • Utamakan tujuan.

Dari awal sebelum melakukan pembelian, Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan pembelian sepeda tersebut. Misalnya sepeda downhill yang hanya digunakan untuk melakukan hobi saja atau mungkin sepeda yang dimanfaatkan sebagai aktivitas berbagai perlombaan. Karena kedua aktivitas tersebut pastinya memerlukan jenis sepeda yang berbeda-beda.

  • Perlunya masukkan.

Sebagai pemula Anda masih perlu banyak masukan sebelum terjun dalam olahraga tersebut, salah satunya pemilihan sepeda. Tidak jarang yang berpengalaman akan memberikan Anda rekomendasi yang lebih baik, dengan begitu bisa mempersempit pilihan Anda jadi lebih mudah untuk menentukan yang lebih tepat.

  • Perhatikan segala komponen.

Sekarang ini membeli sepeda bukan saja bisa dilakukan melalui toko konvensional, karena banyak situs jual beli online yang menawarkan. Tetapi dimanapun itu tempat belanja yang Anda pilih tetap pastikan kualitas yang terbaik untuk sepeda yang akan Anda beli. Perhatikan setiap komponen, jika pada toko online pastikan mempunyai garansi barang dengan baik.

Bersepeda dengan menuruni bukit merupakan salah satu jenis olahraga yang ekstrim, tidak sedikit orang yang celaka karena kurangnya persiapan selama melakukan olahraga tersebut. Jadi pada intinya bukan saja memerlukan sepeda downhill yang tetap dan berkualitas tetapi juga kondisi fisik serta keamanan yang baik supaya tetap olahraga berjalan lancar. Kalau untuk sebuah pertandingan atau perlombaan pastinya keamanan tetap diutamakan, tapi kalau untuk sekedar hobi terkadang orang mengabaikan hal tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *