Tips Memodifikasi Sepeda Biasa Menjadi Sepeda Drag yang Menarik

Jika berbicara mengenai sepeda tentu saja banyak sekali jenisnya, dipasaran sendiri para penjual menawarkan beragam pilihan sepeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan akhir-akhir ini masyarakat lagi booming dengan jenis sepeda drag yang digunakan sebagai perlombaan. Sebenarnya untuk drag sendiri lebih dikenal dengan sepeda motor, tetapi ternyata ada juga masyarakat yang memodifikasi sepeda yang digunakan dalam aktivitas tersebut. Dapat dikatakan drag sendiri adalah sebuah perlombaan balap sepeda yang mengadu kecepatan serta kelincahan sepeda yang digunakan.

Jangan pernah berfikir sepeda balap sama dengan sepeda jenis drag, dari segi ukuran, jenis dan juga harga sangat berbeda jauh. Pada umumnya sepeda yang jenis drag lebih didominasi dengan modifikasi sendiri, jadi ada beberapa perubahan dari produsen. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memodifikasi sepeda biasa menjadi drag yaitu:

Baca juga: Tips Aman Kendarai Sepeda Drag di Jalanan

  • Bagian stang.

Yang pertama Anda bisa memulai merubah pada bagian stang, drag sendiri identik dengan stang yang sedikit menungging. Makanya sering disebut dengan drag, jika Anda pernah melihat permainan motor drag seperti itulah tampilan sepeda yang akan dibuat. Anda bisa merubahnya dengan memotong bagian tengah dan mengelasnya kembali sehingga posisi lebih pendek.

  • Frame.

Karena memang ini digunakan untuk kegiatan drag pastinya bodi atau frame juga menyesuaikan dengan kondisi yaitu lebih pendek. Sama seperti halnya pada bagian stang, tetapi tetap saja bagian stang lebih pendek dari pada bodi. Hal ini ditujukan karena posisi penunggang lebih menungging seperti saat bermain balap motor drag.

  • Tanpa pedal.

Pada umumnya sebuah sepeda dijalankan dengan menggunakan pedal yang membuat roda berputar sehingga berjalan. Kalau untuk sepeda drag hampir sebagian besar tanpa menggunakan pedal, jadi memang diperuntukan pada medan yang menurun. Seperti perbukitan yang jalan menurun. Sebagai pengendara harus fokus pada arah depan dan pengereman, karena laju dipengaruhi oleh kondisi medan.

  • Roda mengecil.

Lalu Anda rubah juga pada bagian roda, umumnya memang lebih kecil dari sepeda pada lazimnya. Hal ini dimaksudkan supaya laju sepeda semakin gesit dan lincah saat digunakan di jalanan. Karena drag bertujuan mengadu kecepatan sepeda yang telah dimodifikasi, jadi beberapa komponen dirubah untuk membuat sepeda lebih dapat melaju cepat.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan saat akan memodifikasi jenis sepeda untuk drag. Sampai sekarang ini sudah banyak sekali komunitas dari drag yang tersebar diberbagai daerah Indonesia, walaupun terlihat sebagai aktivitas yang membahayakan tetapi tetap saja masih banyak peminatnya. Mereka mampu menciptakan varian sepeda drag dengan berbagai bentuk dan juga model. Itulah sedikit informasi dari sepeda jenis drag di Indonesia, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *