Tips dan Trik Menentukan Sepeda Balap yang Berkualitas dengan Tepat

Bersepeda merupakan salah satu bentuk aktivitas olahraga yang mempunyai banyak jenis dan balap sepeda termasuk yang paling populer. Melakukan balap sendiri memerlukan kemampuan dalam beberapa hal seperti dari kecepatan, ketangkasan, efisien dan lain sebagainya. Selain dari kemampuan secara fisik, ketersediaan sepeda balap yang berkualitas juga penting. Tidak sembarang sepeda bisa Anda gunakan dalam olahraga tersebut, apalagi sekarang ini dipasaran banyak jenis sepeda tiruan yang kualitas fisik dan kekuatannya juga masih sangat diragukan.

Untuk mendapatkan sepeda yang berkualitas Anda harus mengetahui secara baik ciri tersebut, berikut ini ada beberapa informasi tips dan trik untuk menentukan road bike yang tepat yaitu:

  • Tipe sepeda.

Dalam olahraga balap setiap sepeda mempunyai tipe yang berbeda-beda, untuk sekedar menjalankan hobi atau digunakan untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan. Nah, untuk kedua jenis kegiatan yang berbeda tersebut juga memerlukan sepeda berbeda. Dari mulai race bike dan juga sportive bike, untuk Anda yang hanya digunakan sebagai hobi bisa memilih sportive bike.

  • Rangka sepeda.

Komponen yang paling penting dalam sebuah sepeda adalah rangka atau fork, pada umumnya untuk jenis road bike itu kerangka terbuat dari logam. Tetapi memang harga cukup tinggi dipasaran, jika dana yang Anda miliki banyak bisa memilih jenis sepeda balap dengan kerangka karbon. Karena kandungan karbon yang semakin banyak membuat kualitas sepeda semakin baik dan juga lebih ringan.

  • Komponen pendukung.

Setiap sepeda mempunyai beberapa komponen pendukung saat digunakan, misalnya seperti groupset sebagai perseneling ataupun pengereman pada sepeda. Komponen ini sangat krusial, jadi penting untuk diperhatikan sebelum pembelian.

  • Ketepatan dengan ukuran.

Satu sepeda dengan lainnya pasti mempunyai tingkat kenyamanan yang berbeda-beda, maka dari itu penting untuk mempertimbangkan ketepatan dengan ukuran. Misalnya tinggi kerangka dengan tubuh Anda, bagian stang ataupun lainnya yang membuat tubuh Anda merasa nyaman saat menggunakan.

  • Budget.

Membeli segala sesuatu tentunya harus tetap diperhitungkan dengan budget yang dimiliki, seperti yang telah dikatakan diatas bahwa road bike sendiri mempunyai beragam tipe. Dan kesemua tipenya mempunyai spesifikasi serta harga yang berbeda, Anda bisa menentukan dengan budget yang dimiliki. Range harga sendiri berkisar di angka 5 juta sampai dengan puluhan juta, ditambah lagi jika Anda memerlukan aksesoris pendukung.

Nah, dari beberapa tips dan trik diatas bisa dijadikan sebagai pandangan sebelum Anda melakukan pembelian sepeda. Sekarang ini selain toko konvensional juga ada toko online yang menawarkan beragam sepeda balap ataupun jenis sepeda lainnya. Hal itu tentu saja semakin memudahkan Anda dalam menentukan mana yang paling tepat, lakukan perbandingan satu dengan lainnya dari beberapa hal seperti spesifikasi, kualitas dan juga harganya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *