Memilih Sepeda Antik Sebagai Barang Koleksi

Jika dahulu sepeda lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai alat transportasi masyarakat utama, namun seiring dengan perjalanan waktu dan teknologi, fungsi sepeda pun mulai mengalami pergeseran, dan bahkan kini sepeda yang dulu banyak dijadikan sebagai alat transportasi utama, banyak dijadikan sebagai sepeda antik ataupun barang koleksi kuno, yang banyak diminati oleh para penghobi ataupun kolektor berbagai barang kuno. Nilai estetika yang tinggi pada sepeda kuno, menjadikan harga sepeda ini kian hari kian melonjak tinggi, sehingga sangatlah wajar jika kini para kolektor pun banyak menjadikan sepeda kuno tersebut sebagai suatu nilai investasi yang menjanjikan bagi mereka.

Sepeda ontel merupakan salah satu sepeda kuno yang kini banyak dijadikan bahan perburuan oleh para kolektor berbagai barang kuno di Indonesia. Selain memiliki rangka body yang terbuat dari logam Eropa berkualitas tinggi, bahan pada bodi sepeda ini juga tidak mudah berkarat dan sangat kokoh ketika digunakan, sehingga sangatlah wajar jika sepeda dengan usia yang lebih tua akan memiliki harga yang jauh melonjak tinggi dibanding dengan sepeda produksi tahun yang lebih muda. Selain kualitas bahan pembuatan, model dan desain sepeda juga menjadi nilai penentu dalam memilih sepeda kuno tersebut untuk dijadikan sebagai barang koleksi.

Hal lain yang juga turut mempengaruhi dalam pemilihan sepeda antik, untuk dijadikan sebagai sebuah nilai koleksi, antara lain adalah:

  • Tahun pembuatan dan produsen dari sepeda tersebut, dimana pada umumnya sepeda kuno produksi Jerman banyak menjadi incaran para kolektor untuk dijadikan tambahan barang koleksi terbaik mereka.
  • Model lampu pada sepeda, biasanya juga menjadi penentu para kolektor dalam memilih sepeda untuk dijadikan sebagai barang koleksi mereka. Semakin unik bentuk lampu pada sepeda, maka akan semakin dicari sepeda tersebut.
  • Model stang sepeda juga turut mempengaruhi pemilihan seorang kolektor barang antik dalam memilih sepeda unik tersebut. Tidak hanya berpengaruh pada model kuno saja, bagian-bagian sepeda yang unik, juga memiliki pengaruh pada pemilihan sepeda tersebut.

Bagi Anda yang memang sedang mencoba untuk memilih dan menjadikan sepeda kuno sebagai salah satu barang koleksi antik Anda dirumah, ada baiknya Anda terlebih dahulu mempelajari tentang seluk beluk sepeda kuno tersebut, agar nantinya Anda tidak tertipu dengan mahalnya harga yang ditawarkan oleh pemilik sepeda kuno tersebut. Pelajarilah pula mengenai kode pembuatan yang biasanya akan dapat Anda temukan pada sepeda kuno tersebut.

Menjadikan sepeda kuno dan sepeda antik sebagai sebuah koleksi pribadi, memang dapat membawa kepuasan tersendiri. Namun demikian jika kita dapat dengan jeli melihat peluang yang ada, maka hobi dalam mengoleksi berbagai barang kuno inipun dapat kita jadikan sebagai nilai investasi yang akan membawa keuntungan. Oleh karenanya teliti dan cakaplah dalam melihat peluang yang ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *