Mengenal Perbedaan Sepeda BMX Street, Fatland dan Cross

Apa yang ada dalam benak Anda ketika mendengar kata BMX? Tentunya hal pertama yang terlintas adalah kata sepeda. Ya, BMX merupakan sepeda dengan ukuran kecil yang biasanya banyak digunakan sebagai media dalam melakukan berbagai freestyle dalam bersepeda, dan tentunya pasti identik dengan anak muda di Indonesia. Secara umum sepeda freestyle ini sendiri terbagi atas 3 klasifikasi sepeda utama, yaitu BMX Street, BMX Fatland dan BMX Cross. Masing-masing klasifikasi dari sepeda BMX ini memiliki fungsi penggunaan yang berbeda, dimana medan penggunaan biasanya banyak digunakan sebagai pembeda utama didalamnya. Bagi Anda yang memang belum begitu mengenali klasifikasi dan perbedaan dari ketiga jenis sepeda BMX tersebut, berikut ini sedikit ulasan, yang mungkin dapat memberikan sedikit gambaran dari ketiga jenis sepeda tersebut.

BMX Fatland merupakan salah satu tipe dari sepeda BMX yang pada umumnya banyak digunakan pada medan datar, dimana penggunaan sepeda ini lebih cenderung, banyak berfokus pada latihan keseimbangan para penggunanya dalam melakukan berbagai gaya bebas dengan menggunakan sepeda tersebut. Sepeda tipe Fatland ini memiliki ciri khusus yang dapat kita lihat dari ukuran toptubenya yang pendek dan hanya mencapai ukuran 20 inchi. Untuk bagian frame sendiri sepeda BMX Fatland, pada umumnya memiliki ukuran yang pendek dengan model yang simple. Sedangkan untuk bagian fork sepeda, biasanya tidak lebih maju dari bentuk stang sepeda yang simple.

Baca juga: Simak Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Membeli Sepeda BMX

Berbeda dengan sepeda BMX Fatland, sepeda BMX dengan tipe street memiliki ciri khusus yang berbeda, dimana bagian top tube pada sepeda ini memiliki ukuran yang lebih panjang, antara 20 hingga 21,5 inchi. Sedangkan fungsi khusus dari sepeda BMX street ini lebih banyak digunakan sebagai media dalam melakukan olahraga freestyle di jalanan, yang lebih banyak menekankan pada gerakan jumping ataupun meloncat dengan menggunakan sepeda. Ciri khusus lain dari sepeda BMX dengan tipe street ini, antara lain adalah:

  • Menggunakan as belakang dengan tipe HUB 9T.
  • Stang hand berbentuk lebar dengan spesifikasi panjang antara 27 hingga 29 inchi.
  • Tinggi rise stang antara 8 sampai dengan 9 inchi.
  • Fork sepeda memiliki bentuk dropout, dimana bagian ini akan lebih sedikit menonjol kedepan.
  • Biasanya jenis BMX ini terbuat dari bahan terbaik dengan jenis Cromoly atau CMRO.

Selain jenis BMX Street dan BMX Fatland, masih terdapat satu jenis sepeda BMX lainnya yaitu BMX Cross, jenis sepeda ini pada umumnya banyak digunakan pada medan offroad ataupun tanah, dengan berbagai rintangan. Jenis sepeda BMX ini akan lebih sering kita temukan terbuat dari bahan alumunium, yang memang lebih cenderung menyebabkan harga sepeda ini lebih mahal dibanding dengan jenis sepeda BMX lainnya. Selain bahan body, bahan part lainnya pun pada umumnya juga akan memiliki kualitas dan harga yang lebih tinggi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *